Cara Memasang VPN di Laptop Paling Gampang dan Cepat!

Apakah Anda pernah mengakses beberapa situs melalui browser laptop namun gagal tersambung karena adanya blok akses dari pemerintah setempat? Nah, jika Anda mengalami masalah tersebut, maka VPN adalah solusi yang paling tepat.

Secara singkat, VPN akan menjadi alat untuk menerobos akses situs tersebut. Tentu saja, Anda nantinya bisa mengakses situs yang Anda buka tersebut tanpa adanya gangguan.

Lantas, bagaimana cara memasang VPN di laptop untuk membantu Anda mendapatkan akses internet yang lebih bebas dan maksimal? Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang VPN

sekilas tentang vpn

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan VPN?

Dalam pengertian singkat, VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah layanan yang akan memungkinkan para pengguna untuk mengakses beragam situs secara pribadi menggunakan server dari jaringan lain. Bias dikatakan jika VPN akan menghubungkan device ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga Anda akan mendapatkan akses koneksi.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan YouTube Sebagai Media Promosi

Dulu, VPN digunakan beberapa perusahaan atau organisasi untuk melindungi data mereka yang sensitif. Namun, saat ini, VPN semakin banyak digunakan oleh masyarakat awam dan menjadi opsi untuk mengakses situs yang dibatasi karena wilayah atau peraturan tertentu.

Kegunaan VPN

kegunaan vpn

Sebelum membahas tentang cara memasang VPN di laptop, tentu Anda juga harus mengetahui apa sebenarnya kegunaan dan fungsi dari VPN tersebut. Pengetahuan ini tentu saja penting agar nantinya Anda bisa memastikan bahwa Anda benar-benar memerlukan layanan yang satu ini.

Adapun beberapa fungsi dari VPN diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengamankan enkripsi

Salah satu fungsi penting dari VPN adalah untuk mengamankan enkripsi. Dengan menggunakan VPN, maka aktivitas online yang Anda lakukan bisa disembunyikan dari jaringan publik. Selain terhindar dari pelacakan, konektivitas tersebut cenderung lebih aman dari serangan.

2. Menyamarkan keberadaan user

Fungsi lain dari VPN adalah sebagai proxy di internet. Dengan menggunakan VPN, maka Anda akan memiliki data demografis yang berasal dari negara lain. Hal inilah yang akan menyamarkan keberadaan Anda dan lokasi yang digunakan tidak bisa ditemukan.

BACA JUGA  Fungsi Adobe Premiere Dan Beragam Fitur Perlu Anda Ketahui

Beberapa layanan VPN tidak menyimpan log aktivitas. Namun, umumnya, layanan VPN tetap akan menyimpan log aktivitas tersebut namun tidak akan menyebarkan informasi ke berbagai pihak. Artinya, data pengguna VPN tetap akan aman.

3. Transfer data dengan aman

VPN bisa diandalkan untuk melakukan transfer data dengan aman. Pasalnya, dengan penggunaan VPN, maka pengguna akan mendapatkan akses jaringan yang jauh lebih aman dan dibekali dengan adanya metode enkripsi untuk menghindari kebocoran data yang bisa saja terjadi.

Beberapa hal di atas adalah fungsi dan kegunaan VPN secara umum. Tentu, selain fungsi di atas, VPN masih memiliki kegunaan lainnya, seperti mengakses ke konten regional serta mengurangi gangguan koneksi yang bisa saja terjadi.

Cara Memasang VPN di Laptop Dengan Mudah

cara memasang vpn di laptop dengan mudah

Setelah Anda mengetahui seluk beluk tentang VPN, mari kita bahas tentang cara memasang VPN tersebut pada laptop yang Anda gunakan. Ada beberapa cara yang akan memudahkan Anda untuk menggunakan VPN pada laptop yang dioperasikan.

Adapun beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan VPN PPTP

Ketika Anda hendak menggunakan VPN di laptop, salah satu cara yang paling mudah untuk digunakan adalah dengan memakai layanan VPN PPTP. Layanan ini adalah sebuah portal yang akan memberikan dukungan akses internet yang lebih luas dan aman untuk Anda gunakan.

BACA JUGA  7 Trik Internet Gratis Axis Unlimited Android untuk Mahasiswa!

Adapun langkah untuk menggunakan VPN melalui layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Buka browser dan masuk ke laman tcpvpn.com
  • Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan banyak pilihan server dari berbagai negara dan benua
  • Pilih salah satu server yang tersedia tersebut secara bebas sesuai keinginan
  • Selanjutnya, tekan create username dan password
  • Isi bagian form tersebut dan kemudian tekan create premium account
  • Simpan akun tersebut

Dengan memiliki akun tadi, maka Anda sudah bisa menggunakan layanan yang tersedia kapan saja. Apabila ada masalah pada server, Anda tinggal mengganti server dari negara lainnya.

2. Menggunakan Open VPN Connect

Cara lain untuk memasang VPN di laptop adalah dengan melalui Open VPN Connect. Cara ini sangat mudah karena Anda hanya tinggal menyiapkan akun serta konfigurasi.

Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut:

  • Instal software Open VPN Connect terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkannya melalui Google
  • Jika sudah, arahkan cursor ke kanan bawah dan klik untuk menampilkan hidden icons
  • Klik kanan pada aplikasi Open VPB GUI
  • Pilih opsi import
  • Jika sudah, buka file configuration yang sudah diunduh tadi
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul jendela baru yang memberikan informasi jika file imported successfully
  • Klik OK
  • Klik kanan lagi pada icon Open VPN GUI
  • Pilih connect
  • Masukkan username dan password sesuai keinginan
BACA JUGA  Pengertian Adobe Illustrator, Fungsi dan Fitur Utamanya

Nah, setelah langkah terakhir, Anda bisa melihat perubahan yang terjadi. Jika cara di atas berhasil, maka icon Wi-Fi akan berubah dan VPN sudah aktif untuk digunakan.

3. Menggunakan ekstensi browser

Menggunakan ekstensi browser juga bisa menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk memasang VPN di laptop. Bisa dikatakan bahwa cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan tentu saja tidak ribet. Bahkan, ada beberapa browser yang secara default sudah menyediakan opsi VPN.

Terkait ekstensi VPN, salah satu ekstensi yang bisa Anda gunakan adalah Touch VPN. Cara untuk memasukkan VPN ini pada browser Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser yang Anda gunakan
  • Selanjutnya, klik titik tiga yang ada di bagian kanan atas browser
  • Scroll dan pilih menu extension
  • Jika Anda menggunakan Google Chrome, maka Anda akan dibawa menuju Chrome Web Store
  • Isi kolom pencarian dengan mengetikkan Touch VPN
  • Setelah muncul, klik hasil pencarian tersebut
  • Akan muncul opsi untuk menambahkan ekstensi tersebut ke Google Chrome. Klik opsi tersebut
  • Tunggu sebentar dan secara otomatis Touch VPN sudah terpasang
  • Klik icon VPN tersebut dan klik connect
BACA JUGA  Cara Mengirim Permainan Lewat Bluetooth Paling Cepat

Setelah proses terakhir, Anda tinggal menunggu beberapa detik untuk memastikan VPN tersebut sudah aktif dan siap digunakan.

Jika sudah, Anda bisa menikmati akses internet tanpa batas. Sangat menyenangkan, bukan?

Apakah VPN aman dari virus?

Tentu saja aman. VPN hanya akan memodifikasi jaringan pada laptop Anda, bukan tentang keamanannya. Namun, ada baiknya jika Anda selektif dalam memilih penyedia layanan VPN untuk memastikan keamanan perangkat tetap terjaga.

Bisakah menggunakan aplikasi VPN untuk laptop?

Bisa. Ada cukup banyak aplikasi VPN yang bisa diinstal. Pilih aplikasi yang menurut Anda aman untuk digunakan pada laptop Anda.

Apakah VPN smartphone bisa digunakan untuk laptop?

Secara umum tidak bisa. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan sistem pada smartphone dan laptop. Namun, tidak sedikit penyedia VPN memberikan dua pilihan opsi layanan yang bisa digunakan untuk dua device yang berbeda tersebut.

Leave a Comment