4 Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Mudah

Saat ini, laptop bisa dikatakan sebagai alat bantu pekerjaan yang paling efektif dan fleksibel. Ya, sebagian orang lebih memilih menggunakan laptop dari pada PC, karena bentuknya yang lebih kecil dan bisa dibawa kemana saja.

Bahkan, kini banyak perusahaan yang memproduksi laptop dengan performa gahar untuk menunjang pekerjaannya. Meski tidak menutup fakta bahwa masih banyak laptop murah yang dibekali spesifikasi standar, seperti kapasitas RAM kecil.

Satu hal penting yang perlu diketahui, Random Access Memory atau RAM merupakan salah satu komponen vital di laptop yang dapat berpengaruh pada kinerja perangkat.

Di mana kapasitas RAM yang besar dapat menjadi penyokong kinerja laptop. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, kapasitas RAM akan berkurang dan sering kali membuat laptop menjadi lelet.

BACA JUGA  9 Cara Mendeteksi Virus di Laptop Paling Mudah

Jika sudah demikian, maka yang harus Anda lakukan adalah membersihkan RAM laptop. Cara membersihkan RAM laptop pun sebenarnya mudah dan cepat. Hanya saja, beberapa pengguna mungkin belum mengetahui cara-caranya.

Cara Membersihkan RAM Laptop

cara membersihkan ram laptop paling mudah

Nah, jika Anda termasuk salah satu pengguna laptop yang kerap mengeluhkan perangkat lelet, ada baiknya mencoba cara membersihkan RAM laptop berikut.

1. Matikan Proses di Task Manager

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan RAM laptop adalah dengan mematikan Program yang memakan resource RAM di Task Manager. Anda bisa mengecek secara langsung aplikasi yang menggunakan RAM besar.

BACA JUGA  Intip Cara Cas Laptop yang Benar Agar Laptop Jadi Lebih Awet

Jika sudah sudah menemukan aplikasinya, Anda bisa langsung melakukan End task, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Task Manager dan silahkan tekan tombol “Ctrl+Alt+Delete”, atau bisa juga dengan langsung membuka Taskbar Windows kemudian pilih Task Manager atau lewat kolom Search dengan menuliskan “Task Manager”
  • Jika sudah, silahkan pilih aplikasi atau program yang memakan banyak RAM laptop kemudian “End task”

2. Restart Laptop

Meski terdengar sepele, restart laptop juga cukup efektif untuk membersihkan RAM. Dengan melakukan restart, data sampah pada program dan aplikasi yang menggunakan resource RAM yang besar bisa dibersihkan. Proses ini juga bisa mengembalikan fungsi RAM laptop seperti semula.

BACA JUGA  Cara Instal Photoshop Di Laptop (CS6) Untuk Windows 7/8/10

Restart laptop bisa dilakukan setelah beberapa program aplikasi mengalami not respondeing atau laptop berjalan semakin lemot. Sebelum merestart laptop, pastikan dulu semua pekerjaan Anda sudah tersimpan.

3. Matikan Program Berjalan Otomatis

Ada beberapa program yang berjalan secara otomatis saat pertama kali laptop dihidupkan. Yang mana program tersebut akan secara otomatis memakan resource RAM laptop, sehingga ketika dibutuhkan untuk aplikasi lain RAM sudah full.

Nah, berikutnya cara membersihkan RAM laptop dengan mematikan program yang berjalan otomatis saat startup Windows. Berikut panduan memastikan program berjalan pada laptop:

  • Masuk ke Task Manager lalu pilih Startup
  • Lalu Anda bisa memilih aplikasi yang tidak terpakai saat load pertama kali
  • Klik kanan pada bagian “Status”
  • Kemudian pilih “Disable”
BACA JUGA  5 Aplikasi Untuk Membuat Logo Di PC Terbaik

4. Tambahkan Memory Virtual

Cara selanjutnya adalah dengan menambahkan memory virtual pada laptop Anda. Menggunakan memory virtual bisa berguna untuk meningkatkan kinerja RAM sehingga laptop berjalan lebih stabil.

Berikut ini caranya:

  • Masuk pada Control Panel > System and Security
  • Lalu pilih menu System > Advanced system setting > Advanced kemudian pilih “Settings” pada sub menu Performance
  • Pilih menu Advenced <Virtual memory> Change
  • Hapus tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drives” kemudian pilih “Custom size”
  • Silahkan masukkan besaran memory, kemudian pilih “Set”, jika semuanya sudah silakhan klik “OK” pada bagian bawah.
BACA JUGA  Cara Mematikan Startup Repair Saat Booting Windows 7

Dengen menerapkan beberapa cara membersihkan RAM laptop di atas, besar kemungkinan kinerja perangkat akan meningkat.

Apa saja yang membuat RAM penuh?

Salah satu penyebabnya yaitu karena terlalu banyak aplikasi terinstall dan aplikasi di belakang layar yang terus berjalan.

Bagaimana cara melihat RAM di laptop?

Pertama buka program Run di laptop lalu tekan tombol Windows + R pada keyboard. Jika sudah muncul dialog bar Run, ketik dxdiag dan pilih OK. Maka kapasitas RAM yang terpakai dan tersisa pada laptop Anda akan ditampilkan.

Berapa RAM ideal untuk komputer?

Anda bisa memilih komputer dengan RAM minimal 8 untuk mendapatkan kinerja yang kencang dan stabil untuk kebutuhan perkantoran.

Leave a Comment