10 Aplikasi Mind Mapping Paling Recommended, Dijamin Ide Anda Akan Tervisualisasi

Siapa di sini yang selalu memiliki ratusan ide di kepala namun bingung bagaimana menuliskannya. Jika Anda orangnya mungkin aplikasi mind mapping perlu Anda install sekarang juga. Dengan adanya aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam memvisualisasikan ide-ide yang muncul dalam pikiran.

Nantinya, ide-ide tersebut tidak hanya sebatas angan saja namun juga terstruktur. Selain itu, dengan mind mapping Anda bisa selalu mengingat ide-ide apa yang sudah dirancang. Jadi ketika akan merealisasikannya ide tersebut, semuanya telah terstruktur sesuai dengan catatan yang telah Anda buat.

Apa Saja Aplikasi Mind Mapping yang Paling Recommended?

Saat ini sudah ada banyak aplikasi mind mapping yang bisa Anda dapatkan secara gratis lewat Play Store ataupun App Store. Untuk lebih meyakinkan Anda dengan aplikasi yang terbaik, berikut ini beberapa aplikasi yang disarankan:

1. LucidChart

lucidchart

Aplikasi mind mapping pertama yang patut untuk Anda coba adalah LucidChart. Aplikasi ini mampu memberikan semua kebutuhan mind mapping Anda, mulai dari diagram alur sederhana sampai yang kompleks. Semua bisa Anda dapatkan di sini.

Selain itu, berbagai template juga telah disediakan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan mind mapping lewat template-template tersebut.

Berbicara mengenai LucidChart, sebenarnya aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis fitur hebat untuk kemudahan para penggunanya. Misalnya saja seperti manajemen tim, integrasi, kolaborasi real time, dan lain sebagainya.

Bahkan bisa dibilang LucidChart mempunyai kekuatan yang begitu besar dalam menghubungkan data. Cara kerjanya adalah dengan menautkan data dari pengguna untuk selanjutnya dikonversi menjadi bentuk yang mereka buat ke data dan secara otomatis bisa tersimpan.

2. Mindomo

mindomo

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur yang lebih premium, Anda bisa beralih ke aplikasi Mindomo. Pasalny,a aplikasi ini memang termasuk platform premium yakni kolaborasi antara gratis dan berbayar.

Meskipun dulu Mindomo hanya disetel untuk pengguna PC atau Komputer saja, namun saat ini para pengguna smartphone pun bisa dengan mudah memakainya.

Bagi pengguna yang memilih akses gratis, Mindomo memberikan 3 mind mapping dengan fitur yang terbatas. Nah, apabila pengguna ingin mencoba kegiatan seperti melakukan backup mind map ke Dropbox video maupun audio, maka perlu pindah paket gratis menjadi berbayar.

3. Simple Mind

simple mind

Simple Mind merupakan aplikasi mind mapping yang banyak memberikan pilihan toolbar, sehingga Anda tidak perlu menerka fitur apa yang dibekalkan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan beragam pilihan tata sehingga pengguna bisa melakukan kontrol terhadap tampilan serta nuansa dari sesi brainstorming.

Bagi Anda yang menggunakan Simple Mind lewat smartphone bisa mencoba fitur tambahkan memo suara dan video ke mind mapping yang dibuat. Tentu saja hal ini akan memudahkan Anda untuk merekam video tambahan tanpa harus keluar dari mind mapping yang masih dalam proses pembuatan.

Perlu Anda ingat, jika ingin mengakses mind mapping yang sama pada beberapa perangkat sekaligus, maka harus menyimpannya di penyimpanan awan, bukan secara lokal. Aplikasi Simple Mind sendiri juga mempunyai kelbihan, salah satunya yaitu memungkinkan para pengguna untuk mengimpor file PDF dan secara otomatis menerjemahkannya ke Mind Mapping.

4. MindManager

mindmanager

Rekomendasi aplikasi mind mapping yang keempat adalah MindManager. Aplikasi ini mempunyai fokus pada perusahaan. Sehingga kebanyakan penggunanya adalah perusahaan-perusahaan besar seperti Gamble dan Proctor.

MindManager dikembangkan dalam berbagai versi. Ada yang versi mobile ada pula yang versi PC/ Komputer. Namun untuk versi Windows memang diciptakan lebih lengkap. Hal ini dikarenakan harga berlangganan memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi versi android.

Di sini para pengguna tidak disarankan untuk langsung berlangganan. Namun mereka bisa menggunakan versi uji coba gratis untuk mengetahui keunggulan aplikasi dan kemudahannya. Dibandingkan dengan yang lain, MindManager menjadi aplikasi yang paling kuat dan terbaik.

5. Canva

canva

Siapa sih yang tak tahu Canva? Hampir semua orang pasti mengenalnya. Terlebih mereka yang berkecimpung di dunia desain. Ya, Canva merupakan platform yang bisa digunakan untuk melakukan desain dengan berbagai tipe. Mulai dari template social media, CV, Portofolio, Mind Mapping dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan sampai saat ini Canva menjadi salah satu aplikasi mind mapping yang telah digunakan oleh jutaan pengguna di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Canva memang berkualitas dan menyediakan fitur lengkap. Ada beberapa fitur dasar yang disediakan canva yakni template, ikon, filter, dan font.

Selain itu tentu masih ada banyak lagi fitur lainnya yang akan memudahkan Anda dalam membuat mind mapping. Juga, tak ada batasan untuk membuat mind mapping di Canva. Anda bisa bebas merancang mind mapping sesuai dengan tujuan, entah itu untuk bisnis, pendidikan, proposal, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Bahkan menariknya lagi, Canva menyediakan paket Free-Forever yang mencakup editor drag-and-drop dasar dengan penyimpanan mencapai 8GB beserta 8.000 template. Jika ingin merasakan kecanggihan fitur Canva lebih lengkap lagi Anda bisa beralih menjadi pengguna berbayar.

6. GitMind

gitmind

Dibaca dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa GitMind merupakan aplikasi mind mapping. Aplikasi ini termasuk platform online yang memiliki flowchart terbaik yang ada di pasaran saat ini. Jika aplikasi lain memberikan 2 opsi untuk penggunanya yakni gratis dan berbayar, namun GitMind tidaklah demikian.

Semua penggunanya bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis tanpa ada biaya apapun. Meskipun demikian, namun fitur yang ditawarkan sudah sangat lengkap. Mulai dari diagram sederhana hingga kompleks semua bisa Anda temui di GitMind.

GitMind juga mempunyai berbagai fitur hebat yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya. Diantaranya ialah tema bergaya premade, memulihkan peta riwayat, outline mode, dan masih banyak lagi lainnya.

Fitur hebat lainnya adalah setiap perubahan yang Anda lakukan pada mind mapping secara otomatis akan tersimpan dan tersinkron ke semua perangkat.

Dengan aplikasi GetMind, Anda bisa mengatur, menangkap, dan mengembangkan ide-ide yang Anda miliki dengan langkah mudah. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung untuk proses ekspor peta pikiran setiap penggunanya menjadi pdf dan format gambar. Jadi akan lebih mudah untuk mengkombinasikannya.

7. Ayoa

ayoa

Ayoa adalah aplikasi mind mapping yang memiliki kemampuan dalam menyatukan kekuatan antara kreatif mind map dengan manajemen tugas visual, dan kolaborasi aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk menciptakan mind mapping baik secara individu maupun kelompok (tim).

Berbeda dari aplikasi yang lain, karena Ayoa menawarkan template yang cukup lengkap sehingga memungkinkkan Anda membuat mind mapping yang menarik. Dengan terstrukturnya mind mapping ini akan memudahkan Anda dalam memantau pekerjaan, daftar tugas, serta kolaborasi dengan orang lain.

Selain itu, Ayoa juga mempunyai antarmuka visual unik yang dirancang untuk memberikan inspirasi dan memicu ide-ide spektakuler dari Anda. Bahkan ada berbagai gaya mind mapping yang sifatnya modern maupun tradisional.

8. Scapple

scapple

Pada awalnya, Scapple merupakan salah satu platform yang dibuat dan dikembangkan untuk menunjang kebutuhan penulis. Lewat aplikasi ini diharapkan penulis bisa mengembangkan keterampilan mereka.

Scapple sendiri dibentuk oleh kelompok Literature and Latte pada tahun 2006. Namun seiring berjalannya waktu, Scapple juga dikembangkan menjadi aplikasi untuk kebutuhan mind mapping. Bahkan saat ini Scapple menjadi aplikasi yang cukup terkenal di pasaran.

Jika dilakukan perbandingan dengan aplikasi lain, pengguna lebih mudah memberikan jempol untuk Scapple.

Hal ini dikarenakan aplikasi Scapple memberikan kemudahan untuk para penggunanya baik dalam hal penggunaan maupun penguasaan konsep. Meskipun dikatakan mudah namun jangan salah karena Scapple juga mendukung fitur canggih seperti menyisipkan video dan audio.

Scapple sendiri memberikan dua opsi bagi para penggunanya. Mereka bisa memilih versi gratis namun hanya dalam kurun waktu 30 hari uji coba atau berbayar di mana mereka bisa memilih menggunakan aplikasi ini untuk selamanya.

9. FreeMind

freemind

FreeMind menjadi aplikasi mind mapping lain yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini bermanfaat untuk berbagai tujuan sekaligus. Misalnya saja menciptakan basis pengetahuan, melacak pekerjaan, brainstorming, dan masih banyak lagi lainnya.

Di samping itu, FreeMind juga menyediakan fitur penting untuk kebutuhan mind mapping seperti menempelkan informasi secara otomatis dan drag-and-drop.

Tampak profesional memang, namun FreeMind juga tak luput dari kekurangan, yakni belum adanya dukungan foto maupun grafis.

Satu lagi hal penting yang harus Anda tahu mengenai FreeMind. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk satu pengguna saja. Jadi tidak bisa digunakan untuk berbagi pekerjaan dengan rekan satu tim.

Apa itu aplikasi mind mapping?

Aplikasi yang bisa memetakan ide atau pikiran tentang sesuatu agar lebih mudah dipahami oleh pihak lain yang mempelajari. Misalnya nama pohon yang kemudian dipetakan menjadi pohon kelapa, semangka, apel dan yang lainnya.

Aplikasi Berbayar atau Gratisan?

Pertanyaan di atas kembali lagi pada kebutuhan masing-masing orang sesuai tingkatannya. Jika hanya untuk konsumsi pribadi maka menggunakan versi gratis sudah lebih cukup. Namun bagi Anda yang bergelut di perusahaan tertentu, maka menggunakan versi berbayar sangat disarankan.

Umumnya skala perusahaan yang menggunakan versi tersebut sudah high level dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan hingga ribuan.

Satu aplikasi apakah bisa digunakan bersama?

Umumnya setiap aplikasi tersebut hanya bisa digunakan satu pengguna saja dan bukan dalam skala tim. Namun pada versi berbayar, Anda bisa menggunakan pada beberapa perangkat tanpa dibatasi.

Bagaimana cara memilih dari sekian banyak aplikasi tersebut?

Anda bisa mencoba satu persatu atau membaca penjelasan dari setiap aplikasi dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan seperti itu maka Anda bisa memaksimalkan aplikasi tersebut untuk hal-hal yang berguna.

Apakah semua aplikasi di atas legal?

Semua aplikasi yang dijelaskan legal dan Anda bisa mengunduhnya dari smartphone Android ataupun iOS. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi smartphone diserang virus karena keamanan smartphone sudah terjamin.