5 Aplikasi Penghitung Kalori Untuk Partner Diet Anda

Menghitung jumlah kalori yang di konsumsi setiap harinya tentu sangat penting, khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Nah, untuk memudahkan Anda menghitung jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya, kini tersedia aplikasi penghitung kalori yang bisa diinstall pada ponsel Android.

Berbekal aplikasi tersebut, Anda bisa mengontrol asupan kalori setiap harinya dan program diet pun bisa berjalan lancar.

Berapa Kebutuhan Kalori Saya?

berapa kebutuhan kalori saya

Sebelum beranjak memilih aplikasi menghitung kalori yang akan dijadikan sebagai partner diet Anda, tentu Anda harus mengetahui kebutuhan kalori harian Anda.

Umumnya, rata-rata kebutuhan kalori untuk wanita adalah 2.000 per hari, sedangkan pria 2.500. Namun angka ini bisa berbeda untuk setiap individu karena berbagai faktor seperti usia, umur, jenis kelamin, dan tinggi badan.

Salah satu perhitungan yang digunakan untuk menghitung kebutuhan kalori adalah rumus Harris-Benedict.

  • Wanita (447,6 + 9,25 x (BB (kg)) + (3,10 x TB (cm)) – (4,33 x Usia (tahun)).
  • Pria ( 88,4 + 13,4 x BB (kg)) + (4,8 x TB (cm)) – (5,68 x Usia (tahun)).
BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Kamera Selfie Untuk iPhone Terbaik

FYI, kalori merupakan satuan ukuran yang menjadi tolak ukur energi pada makanan yang dikonsumsi. Setiap makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda dan beberapa ada yang sangat tinggi pun sebaliknya. Jumlah kalori pada makanan juga tidak dilihat dari banyaknya porsi yang tersaji.

Bagaimana Cara Diet Defisit Kalori?

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, defisit kalori menjadi cara yang paling disarankan. Defisit kalori artinya mengurangi jumlah kebutuhan kalori harian yang sebenarnya. Misalnya kebutuhan kalori harian Anda adalah 2.000, maka konsumsi di bawah angka tersebut jika ingin mengurangi berat badan.

Cara yang dapat dilakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat yang mengandung kalori tinggi. Mulailah konsumsi protein dan hindari makanan yang mengandung gula serta minum air putih yang banyak.

Aplikasi Apa yang Bagus Untuk Penghitung Kalori

Jika Anda benar-benar ingin mengurangi berat badan dengan diet defisit kalori maka perhitungan perlu dilakukan. Tidak perlu lagi menebak, cukup manfaatkan aplikasi menghitung kalori berikut ini untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Daftar Aplikasi Saham OJK yang Aman

1. Cronometer

cronometer

Aplikasi penghitung kalori pertama yang akan membantu Anda menjalankan prgram diet adalah Cronometer. Ada berbagai fitur yang akan didapatkan dari aplikasi ini terutama soal melacak diter dan olahraga yang bisa dicoba.

Cronometer memberikan porsi yang seimbang dan akurat mengenai berat badan dengan latihan-latihan intens yang membantu diet Anda.

Anda bisa menyesuaikan kondisi tubuh, kegiatan harian dan sebagainya di Cronometer. Aplikasi ini akan secara otomatis memberikan rekomendasi makronutrien untuk Anda dalam program diet. Masukkan informasi yang akurat dan Cronometer akan memberikan timbal balik serupa yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Berbagai fitur akurat dan canggih ini bisa Anda dapatkan dengan membeli aplikasi ini. Yap, aplikasi ini tidak gratis alias berbayar. Namun tidak perlu khawatir karena harga untuk aplikasi ini masih ramah di kantong, yakni Rp43.000 atau US$2.99.

2. Spark People

spark people

Aplikasi lainnya yang akan sangat membantu Anda menghitung jumlah kalori pada makanan adalah Spark People. Spark People hadir dalam tampilan yang user friendly dan mudah digunakan oleh siapa pun.

Setiap pengguna bisa mendeteksi tujuan, aktivitas harian, nutrisi yang dikonsumsi hingga kemajuan program. Menariknya, di sini ini Anda seperti memiliki buku diary digital.

BACA JUGA  Ini Aplikasi USB OTG Android Tanpa Root. Cara Menggunakan dan Fungsinya

Anda cukup memasukkan makanan yang di konsumsi saat itu dan Spark People akan menghitung jumlah kalori, lemak, dan protein di dalamnya. Sangat mudah menambahkan makanan baru dalam entri untuk melihat total kalori makanan. Bahkan aplikasi ini sudah dilengkapi pemindai barcode untuk makanan kemasan yang akan di konsumsi.

Spark People hadir dalam versi gratis dengan fitur utama yakni menghitung total kalori, protein dan lemak, serta diagram kemajuan program. Namun jika Anda ingin menikmati fitur eksklusif lainnya, coba dapatkan pada versi berbayarnya.

3. MyFitnesPal

myfitnesspal

Rekomendasi aplikasi menghitung kalori lain yang bisa Anda coba adalah MyFitnesPal. Kini aplikasi ini sangat populer di kalangan pejuang diet karena dapat menghitung angka kalori secara akurat.

MyFitnesPal bisa membantu Anda mendeteksi berat badan serta kalori yang dibutuhkan per hari. Aplikasi ini juga seperti diary yang memuat jadwal makan dan olahraga.

Dirancang dengan baik, aplikasi ini memberikan informasi yang sangat jelas tentang jumlah kalori yang di konsumsi. Aplikasi MyFitnesPal juga dapat mendeteksi ribuan jenis makanan yang bisa dimasukkan dalam entri. Selain itu, aplikasi ini akan membantu memberikan informasi jumlah kalori yang terbakar saat berolahraga dan dimasukkan ke dalam log latihan.

BACA JUGA  9 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Asana

Semakin apik, MyFitnesPal juga menyediakan fitur obrolan dengan pengguna lain untuk mencapai tujuan Anda. Anda bisa berbagai pengalaman, resep, jenis olahraga dan tips-tips dengan pengguna lain.

MyFitnesPal hadir dalam versi gratis dengan fitur terbatas. Jika ingin menikmati fitur lainnya cobalah versi premium dengan membayar Rp 720.000 atau US$49.99.

4. Lose It!

lose it

Layaknya aplikasi-aplikasi sebelumnya, Lose It! juga memberikan layanan seperti buku diary. Di dalamnya tercantum log olahraga dan makanan yang dikonsumsi dalam entri khusus. Aplikasi ini juga sangat mudah dan nyaman digunakan dengan interface yang sederhana.

Lose It! juga memberikan rekomendasi mengenai jumlah kalori yang di konsumsi berdasarkan berat badan dan kondisi tubuh. Rekomendasi makanan yang diberikan berdasarkan informasi pribadi yang dimasukkan pun cukup akurat. Pengguna pun dapat dengan mudah menambahkan entri makanan pada aktivitas harian.

Satu lagi, Lose It! akan memberikan perkembangan berat badan harian, mingguan, dan bulanan dalam bentuk grafik yang mudah di baca. Lebih nyaman lagi karena Anda bisa berinteraksi dengan pengguna lain melalui obrolan komunitas.

BACA JUGA  6 Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android Lollipop, Tidak Perlu Ribet Untuk Menjaga Privasi

Sayangnya, aplikasi ini masih minim dalam menghitung kalori dan gizi pada makanan rumahan.

5. FatSecret

fatsecret

Aplikasi terakhir yang bisa Anda coba adalah FatSecret yang juga menghadirkan informasi dalam bentuk buku harian digital. Fat Secret memuat informasi makanan, informasi pengguna, nutrisi serta rekomendasi resep untuk konsumsi harian.

Selain itu, aplikasi ini juga mencakup log latihan, jurnal dan informasi perkembangan berat badan berbentuk grafik.

Informasi bulanan dari program penurunan berat badan Anda pun akan ditampilkan dengan diagram yang mudah dipahami. FatSecret juga menawarkan challenge yang bisa dicoba untuk variasi diet.

Bahkan, Anda juga bisa membaca artikel di beranda aplikasi FatSecret untuk memperoleh informasi seputar tips diet.

Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi penghitung kalori di atas, program diet dengan defisit kalori akan lebih mudah dijalankan.

Apa aplikasi menghitung kalori berbayar?

Sebagian aplikasi memang menawarkan akses gratis. Namun beberapa lainnya hanya bisa dinikmati dengan membeli.

Apa nama aplikasi penghitung kalori?

Selain lima aplikasi di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi MyNetDiary untuk menghitung jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi.