7 Aplikasi Pembersih Sampah, Perangkat Lebih Lega!

Keberadaan cache sebenarnya cukup penting terutama untuk memperbaiki performa aplikasi pada ponsel. Sayangnya, ketika cache aplikasi dibiarkan menumpuk terlalu lama akan membebani memori internal. Alhasil ponsel akan mulai melambat dan bahkan tidak bisa menerima data atau file baru lagi.

Untuk menghindari hal ini, maka yang perlu Anda lakukan adalah menghapus data cache dan sampah-sampah lain yang sudah tidak dibutuhkan. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pembersih sampah yang tersedia pada Play Store maupun App Store.

Aplikasi Pembersih Sampah di Android

Pada dasarnya, setiap smartphone sudah dilengkapi dengan sistem pembersih cache sampah. Hanya saja, proses pembersihan sering kali kurang maksimal, sehingga Anda membutuhkan aplikasi tambahan.

Nah, berikut ini beberapa aplikasi pembersih sampah di Android.

1. CCleaner

ccleaner

Aplikasi pertama yang bisa diandalkan untuk menghapus file-file tidak berguna di Android adalah CCleaner. Dengan rating yang cukup bagus di Play Store, CCleaner menjadi pilihan banyak pengguna Android.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Aplikasi Pelacak Nomor HP Paling Akurat

Bahkan bukan hanya pengguna Android, performa aplikasi ini juga sudah dibuktikan dengan berbagai platform yang menggunakan jasanya seperti Linux, Windows dan Android.

CCleaner menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk membersihkan file-file cache yang menumpuk, sehingga RAM akan kembali lega.

Tidak hanya itu, CCleaner juga hadir sebagai aplikasi yang akan membantu Anda berselancar di Internet dengan aman tanpa gangguan virus yang mengancam perangkat.

Aplikasi ini hadir dengan tampilan sederhana yang sangat user friendly, sehingga setiap pengguna tidak akan kesulitan saat mengoperasikan aplikasi satu ini.

2. Booster for Android

booster for android

Selanjutnya ada aplikasi Booster for Android. Bukan hanya membersihkan sampah, Booster for Android juga memberikan fitur bermanfaat lainnya. Ya, si samping fitur pembersih cache, Anda juga akan menemukan fitur penghemat baterai (battery optimizer), memory accelerator, dan smart charging.

Dengan banyaknya fitur yang diberikan serta penggunaannya yang cenderung mudah, tidak heran jika Booster for Android sangat populer di kalangan pengguna Android. Efektivitas aplikasi Booster for Android dalam menghapus file usang juga patut diacungi jempol.

BACA JUGA  Rekomendasi Aplikasi Download Lagu Super Cepat No Lemot

3. 1Tap Cleaner

1tap cleaner

Satu lagi aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam membersihkan cache sampah yang memenuhi ponsel, yaitu 1Tap Cleaner. Aplikasi ini mengklaim dapat menghapus cache sampah hanya dengan satu kali klik saja.

Hanya dengan satu ketukan, RAM ponsel menjadi lebih lega dan kinerjanya semakin membaik. Hebatnya lagi, bukan hanya file sampah saja yang bisa dihapus. 1Tap Cleaner juga bisa membantu Anda membersihkan history peramban, riwayat panggilan, pesan dan sebagainya.

4. AVG Cleaner

avg cleaner

Aplikasi lain yang menawarkan hal serupa untuk madalah AVG Cleaner. Software yang lebih dulu hadir dalam versi aplikasi dekstop ini juga sudah bisa digunakan oleh pengguna mobile.

Rating untuk aplikasi mobile AVG Cleaner juga cukup baik dengan berbagai ulasan positif terutama terkait kemampuannya membersihkan sampah pada ponsel.

Pihak developer mengklaim bahwa softwarenya bisa menghapus file sampah dan memperlancar sistem kerja ponsel secara cepat. Jadi, tidak ada lagi keluhan ponsel lambat dan loading lama, karena AVG Cleaner bisa mengatasi hal tersebut.

Poin plus lainnya, AVG Cleaner juga bisa membersihkan aplikasi bloatware yang tertanam pada perangkat Android.

5. Nox Cleaner

nox cleaner

Mengantongi rating yang cukup bagus di Play Store, tampaknya Nox Cleaneri harus masuk dalam daftar rekomendasi aplikasi pembersih sampah gratis. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Nox Cleaner juga dapat membersihkan cache sampah di perangkat Android Anda, sehingga kinerja ponsel tetap maksimal tanpa lag.

BACA JUGA  4 Aplikasi Status Bar Android Tanpa Root dan Cara Modifikasi Agar Tampilan Makin Kece

Selain hadir sebagai aplikasi pembersih sampah, Nox Cleaner juga bisa menjaga perangkat dari berbagai hal yang mengancam privasi.

Nox Cleaner juga sangat membantu memperpanjang penggunaan baterai ponsel serta menghapus file duplikat pada Android. Jadi tidak akan ada file dengan format dan nama serupa yang semakin menambah beban perangkat.

Satu lagi keunggulan Nox Cleaner aplikasi, yaitu telah dilengkapi dengan proteksi dari ancaman virus secara realtime. Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi dan memberitahukan jika ada ancaman virus ketika Anda sedang berselancar di Internet.

6. Droid Optimizer

droid optimizer

Aplikasi lain yang bisa diandalkan untuk membersihkan file sampah adalah Droid Optimizer. Dengan efektivitas yang tinggi, Droid Optimizer juga mampu meningkatkan performa ponsel seperti sedia kala.

Selain fitur membersihkan, Droid Optimizer juga memberikan berbagai layanan lain yang sangat berguna. Salah satunya adalah menghentikan kinerja aplikasi di background.

Hal ini tentu berdampak pada kemampuan sistem operasi dalam menjalankan aplikasi. Selain itu, Droid Optimizer juga bisa mengolah perizinan aplikasi untuk menggunakan data maupun notifikasi.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Stem Gitar, Anti Ribet!

7. Phone Master

phone master

Satu lagi aplikasi pembersih file sampah yang bisa Anda install secara gratis di Android, Phone Master – Junk Clean Master.

Bukan hanya efektiv membersihkan cache aplikasi yang menumpuk, Phone Master juga bisa digunakan untuk menghapus file yang sudah tidak digunakan, baik berupa foto, video atau dokumen lain.

Phone Master Apk juga memiliki fitur tambahan yakni sebagai booster ponsel. Artinya, aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih kencang.

Tak cukup sampai di situ, aplikasi yang hadir dengan interface dan navigasi sederhana ini juga berperan sebagai antivirus. Sehingga, keamanan ponsel Anda akan tetap terjamin dari seragan virus maupun malware.

Nah itulah informasi seputar rekomendasi aplikasi pembersih sampah yang bisa digunakan di perangkat Android. Menghapus file-file sampah di perangkat memang sangat penting untuk lifetime perangkat Anda.

Banyaknya sampah yang menumpuk dapat menyebabkan performa ponsel menurun dari waktu ke waktu. File ini harus dihapus dengan bantuan aplikasi maupun secara manual di ponsel.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi pembersih sampah di atas untuk diinstal pada ponsel. Kemudian lakukan pembersihan cache aplikasi secara berkala untuk menjaga performa ponsel agar tetap kencang.

BACA JUGA  9 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Asana

Kenapa Tidak Bisa Menghapus File Sampah?

Pada beberapa kondisi memang file sampah pada ponsel tidak bisa di hapus bahkan dengan aplikasi khusus untuk menghapus sampah. Hal ini disebabkan oleh beberapa kondisi diantaranya file tersebut sudah terinfeksi oleh virus sehingga sulit untuk menghapusnya hanya dengan aplikasi. Kondisi lainnya, file tersebut tidak memiliki izin untuk di hapus.

Beberapa file cache juga memiliki peran penting terhadap performa ponsel sehingga jika di hapus maka akan mempengaruhi kinerja ponsel. Faktor lainnya adalah file yang akan di hapus sedang digunakan atau sedang aktif sehingga tidak bisa dibersihkan.

Kemana Perginya File yang Di Hapus?

Pada laptop, file terhapus berada pada Recycle Bin. Sementara pada ponsel, file yang sudah di hapus sebenarnya masih tersimpan dalam perangkat, tepatnya di memory internal (ROM atau SD Card). Namun, file tersebut bukan lagi berbentuk data biasa yang bisa dilihat isinya. File ini berbentuk byte berukuran kecil mirip kepingan dalam bentuk biner.