5 Cara Membersihkan Sampah di iPhone agar Ponsel Kembali Kencang

Seiring bertambahnya masa pemakaian ponsel, biasanya kinerja perangkat elektronik ini akan menurun, tidak terkecuali pada smartphone premium seperti iPhone.

Penyebab penurunan kinerja iPhone sendiri sangat beragam, dan salah satu yang paling umum yaitu karena memori penuh akibat penumpukan file sampah dan cache.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara membersihkan sampah di iPhone yang bisa dilakukan, baik dari browser atau aplikasi yang berjalan. Selain menghapus file sampah, Anda juga bisa menghapus cache sampah yang sudah menumpuk.

Cache sendiri sebenarnya cukup bermanfaat bagi ponsel, terutama untuk mempercepat loading aplikasi atau situs web. Hanya saja ketika dibiarkan menumpuk maka akan membebani kinerja ponsel.

Cara Membersihkan Sampah di iPhone

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan ruang penyimpanan iPhone, beberapa cara membersihkan sampah di iPhone berikut ini bisa jadi solusi.

Menghapus Cache Sampah pada Safari Browser

menghapus cache sampah pada safari browser

Safari merupakan aplikasi browser bawaan iPhone. Nah, saat Anda melakukan penelusuran melalui Safari, maka cache akan menumpuk seiring bertambahnya waktu.

BACA JUGA  Cara Restore Chat WhatsApp dari Google Drive ke iPhone dengan Mudah

Oleh sebab itu, perlu untuk menghapus sampah cache pada Safari browser. Jika bagian ini dihapus maka seluruh penelusuran dari berbagai situs akan dihapus secara otomatis.

Bahkan saat Anda login di situs tertentu akan otomatis keluar dari akun tersebut. Jika hal itu sudah diperhitungkan untuk dihapus maka Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Langkah pertama: Buka terlebih dahulu aplikasi Safari di iPhone.
  2. Langkah kedua: Masuk ke menu setting pada aplikasi lalu pilih account and password.
  3. Langkah ketiga: Anda bisa masuk kembali ke clear history and website data.
  4. Langkah keempat: Saat muncul konfirmasi, Anda bisa pilih OK.

 

Dengan aktivitas tersebut, semua penelusuran akan dihapus kecuali situs tertentu yang di bookmark. Jadi, untuk situs yang sekiranya penting dapat di bookmark terlebih dahulu sebelum sampah-sampahnya dihapus dari browser.

Menghapus Data Aplikasi

menghapus data aplikasi iphone

Selain menghapus cache dari hasil penelusuran di Safari browser, file dan cache juga ada di aplikasi yang sering Anda buka. Semakin sering aplikasi dibuka, maka data pada aplikasi semakin bertambah.

Jika ini dibiarkan maka memori internal akan semakin penuh, dan ini perlu dihapus terlebih dahulu. Untuk proses menghapusnya cukup mudah dan berikut tutorial selengkapnya:

  1. Langkah pertama: Anda bisa memulai dengan masuk ke menu setting pada iPhone.
  2. Langkah kedua: Masuk ke menu general lalu pilih penyimpanan iPhone.
  3. Langkah ketiga: Buka satu per satu aplikasi.
  4. Langkah keempat: Dari setiap aplikasi, Anda bisa memilih hapus data.
  5. Langkah kelima: Pilih yes untuk konfirmasi penghapusan data.
BACA JUGA  Face ID iPhone Rusak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum menghapus seluruh data aplikasi, Anda disarankan memilih aplikasi yang memiliki data cukup besar. Dengan begitu ruang kosong pada iPhone akan kembali lega.

Khusus untuk aplikasi Whatsapp, saat akan hapus data sebaiknya di backup terlebih dahulu. Jika hal ini tidak dilakukan maka seluruh history chat akan dihapus juga oleh sistem di iOS.

Menggunakan Aplikasi Phone Cleaner

phone cleaner

 

Salah satu aplikasi pembersih sampah iPhone yang bisa diandalkan adalah Phone Cleaner. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa menghapus cache atau sampah dengan sangat mudah.

Untuk menggunakan, Anda perlu menghubungkan iPhone dengan Mac terlebih dahulu. Selain itu, aplikasi tersebut sudah support untuk semua jenis iPhone mulai dari yang terendah hingga terbaru.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan Phone Cleaner, berikut beberapa langkah mudah memanfaatkan aplikasi ini:

  1. Langkah pertama: Buka Play Store dan ketik Phone Cleaner pada kolom pencarian.
  2. Langkah kedua: Unduh dan instal aplikasi tersebut di iPhone.
  3. Langkah ketiga: Hubungkan aplikasi dengan PC atau laptop dengan kabel data.
  4. Langkah keempat: Pada aplikasi, Anda bisa mengklik scan.
  5. Langkah kelima: Ketika proses scan selesai, Anda bisa klik clean.
BACA JUGA  Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone Menjadi 100

Saat menggunakan aplikasi tersebut, PC yang digunakan tidak harus sama-sama merk Apple. Jadi semua merk PC atau laptop dapat Anda gunakan untuk menghubungkan dengan iPhone.

Hanya saja, Phone Cleaner tidak selamanya gratis karena ada versi free dan premium. Untuk versi trial ada batasan waktu penggunaan, dan selanjutnya Anda harus upgrade ke versi premium dengan melakukan deposit uang terlebih dahulu.

Update Sistem iOS

update sistem ios

Tahukah Anda jika sistem operasi yang tidak pernah diupdate juga akan membuat ponsel lelet akibat cache atau sampah semakin menumpuk.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan update sistem iPhone agar mengoperasikan ponsel berjalan lancar. Untuk melakukan proses update sistem operasi iOS, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Langkah pertama: Anda bisa masuk ke menu setting pada iPhone
  2. Langkah kedua: Scroll ke bawah lalu pilih general.
  3. Langkah ketiga: Anda bisa memilih software update di bagian atas.
  4. Langkah keempat: Tunggu hingga proses selesai.
BACA JUGA  Cara Scan Barcode di iPhone dari Galeri atau HP Sendiri Dengan Mudah

Untuk durasi update sangat tergantung pada versi sistem operasi sebelumnya. Semakin jadul sistem operasi umumnya proses update akan lebih lama dijalankan di iPhone.

Untuk itu Anda perlu melakukan pemeriksaan sistem operasi ini agar selalu berada di versi terbaru secara berkala. Selain itu, jaringan internet juga akan menentukan durasi update sistem operasi iOS.

Dengan demikian, iPhone yang Anda miliki tidak terus-menerus menumpuk sampah.

Reset iPhone

reset iphone

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tetapi kinerja ponsel masih lambat, maka Anda bisa melakukan reset iPhone. Cara ini tergolong paling ampuh dari metode lain dan tidak perlu instal aplikasi tambahan.

Untuk prosesnya pun cukup mudah dan bagi Anda yang masih bingung, berikut tutorial selengkapnya:

  1. Langkah pertama: Anda bisa masuk ke menu setting terlebih dahulu.
  2. Langkah kedua: Kemudian masuk ke menu general.
  3. Langkah ketiga: Silahkan scroll hingga yang paling bawah lalu pilih reset.
  4. Langkah keempat: Anda bisa memilih beberapa menu yang ada dan disarankan memilih erase content and settings.
  5. Langkah kelima: Terakhir Anda bisa memilih erase now.

Namun sebelum melakukan reset iPhone, pastikan Anda juga melakukan backup data ke iCloud atau ke PC. Jika tidak, maka semua data akan terhapus dan iPhone yang Anda miliki akselerasinya akan seperti baru lagi.

BACA JUGA  Cara Menghapus Cache Di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Anda bisa memilih beberapa cara membersihkan sampah di iPhone di atas sesuai keinginan. Namun cara yang paling ampuh adalah dengan reset iPhone dan akan membuat semua data dan aplikasi terhapus dari sistem.

Apakah iPhone perlu clear cache?

Sebagai pemilik iPhone, Anda perlu melakukan clear cache agar smartphone bisa lebih kencang. Penumpukan cache sampah tersebut akan membuat memori internal semakin penuh dan ini bisa memperlambat kinerja ponsel.

Untuk prosesnya pun bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi seperti yang dijelaskan di bagian atas. Jika ingin lebih cepat dalam proses clear cache bisa dilakukan dengan mereset iPhone.

Apakah cache berbahaya bagi iPhone?

Cache sama sekali tidak membahayakan perangkat iPhone, justru dapat mengurangi space pada memori internal. Jika terus dibiarkan dan menumpuk maka akhirnya iPhone akan menjadi lemot saat digunakan.

Apa fungsi cache pada iPhone?

Cache sendiri berfungsi sebagai memori sementara pada aplikasi yang terinstal di iPhone. Semakin banyak aplikasi itu dibuka di iPhone maka cache pun juga semakin menumpuk dan ini perlu dibersihkan.