Cara mengaktifkan VPN di iPhone

Dengan iPhone, Anda bisa mengakses berbagai informasi menggunakan WiFi di berbagai tempat. Namun penggunaan WiFi yang sifatnya publik tergolong tidak aman yang berpotensi terhadap pencurian data pada iPhone.

Untuk menangani hal ini maka Anda perlu mengaktifkan VPN, di mana fungsi utamanya adalah untuk melindungi data dari pencurian. Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan VPN di iPhone, apakah sama seperti pada Android?

Sayangnya tidak. Nah, untuk menemukan jawabannya, Anda bisa simak ulasan ini hingga akhir.

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn

VPN memiliki peranan sangat vital dalam membantu mengamankan semua data di iPhone. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana VPN ini bekerja pada berbagai perangkat, khususnya iPhone.

Secara umum, VPN ini membuat terowongan yang telah dienkripsi antara iPhone dengan koneksi internet. Dengan demikian ketika ada pihak luar yang ingin melakukan hal-hal yang melanggar privasi maka tidak bisa diketahui.

VPN sendiri memiliki server yang berada di negara lain seperti US, Singapura dan yang lainnya. Jadi data yang Anda kirimkan ke pengguna lain melalui protokol iP tidak melalui jaringan WiFi yang digunakan.

Ibarat kata, WiFi hanya sebagai sarana Anda terhubung dengan VPN dari negara lain tersebut. Jadi ketika Anda mengirimkan pesan maka dengan sendirinya terenkripsi dan menggunakan iP dari VPN.

Setelah proses tersebut lalu data akan dikirimkan ke pengguna lain yang Anda tuju. Dengan proses seperti ini tentu akan lebih aman karena tidak melalui IP dari WiFi melainkan dari negara lain.

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Secara Manual

cara mengaktifkan vpn di iphone secara manual

Cara mengaktifkan VPN di iPhone secara manual bisa dikatakan lebih menguntungkan karena tidak perlu menginstal aplikasi. Anda cukup melakukan langkah-langkah tertentu untuk mengaktifkan dan berikut ulasan selengkapnya:

  1. Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke pengaturan lalu pilih umum kemudian VPN
  2. Pada bagian bawahnya, Anda bisa klik tambahkan konfigurasi VPN
  3. Pada bagian tersebut Anda bisa memilih satu dari tiga pilihan yang sudah tersedia. Namun disarankan untuk memilih VPN jenis IKEv2 atau IPSec karena memilih keamanan dan privasi lebih kuat.
  4. Kemudian Anda bisa memasukkan informasi VPN mulai dari deskripsi, remote ID dan server
  5. Terakhir Anda bisa memasukkan juga nama dan sandi pada kolom yang tersedia.

Dengan menggunakan sistem manual memang tidak perlu menginstal aplikasi tetap terkadang terjadi kendala di jaringan. Jadi Anda bisa mencoba salah satu dari pilihan jenis tersebut jika nantinya terjadi gangguan.

Umumnya ketika salah satu server terjadi gangguan atau susah untuk terhubung, maka Anda bisa memilih lainnya. Pastikan proses di atas dilakukan dengan benar untuk menghindari pencurian data pada iPhone.

Cara Mengaktifkan VPN di iPhone Menggunakan Aplikasi

cara mengaktifkan vpn di iphone menggunakan aplikasi

Meski harus mengunduh aplikasi VPN, namun opsi kedua ini bisa dikatakan lebih praktis. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih untuk proses aktivasi mulai dari yang berbayar dan gratis.

Setiap aplikasi tersebut memiliki proses pengaturan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun dari semua VPN proses aktivasi hanya dengan menginstal dan mengkonfigurasi untuk diaktifkan atau dinonaktifkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya:

  1. Buka App Store lalu carilah aplikasi WARP 1.1.1.1 atau TunnelBear.
  2. Download aplikasi tersebut lalu instal di iPhone Anda
  3. Setelah proses di atas selesai, Anda bisa membuka aplikasi tersebut lalu pilih get
  4. Izinkan semua perintah proses akses yang muncul
  5. Selanjutnya Anda bisa klik enable yang ada di bagian bawah
  6. Terakhir Anda bisa mengatur sendiri terkait diaktifkan atau dinonaktifkan.

Macam-Macam Aplikasi VPN Untuk iPhone

aplikasi vpn untuk iphone

Selain dari dua aplikasi yang disebutkan di atas, Anda juga bisa memilih tools lain untuk digunakan di iPhone. Dengan adanya beberapa aplikasi, Anda bisa memilih software terbaik untuk digunakan di smartphone.

Daripada Anda penasaran, berikut beberapa software yang bisa Anda pilih untuk digunakan di iPhone:

Surf Shark

Dari sekian banyak aplikasi VPN yang direkomendasikan, salah satu yang memiliki fitur terbaik adalah Surf Shark. Anda akan dibuat terkesan dengan interface yang digunakan, di mana tampilannya cukup simple namun terkesan classy.

Tidak hanya itu, VPN ini juga memiliki kecepatan akses yang powerful dan mudah digunakan. Selain itu, beberapa pilihan negara juga tersedia untuk Anda gunakan secara gratis.

Semua IP dari berbagai negara tersebut kabarnya memiliki koneksi lebih cepat dari yang Anda gunakan. Jadi saat menghubungkan iPhone dengan aplikasi tersebut selain jejak digital tidak diketahui juga koneksinya cukup cepat.

ExpressVPN

Sesuai dengan namanya, VPN ini tergolong memiliki koneksi yang cepat untuk digunakan pada iPhone. Sebenarnya, ExpressVPN tidak hanya untuk iPhone saja tetapi bisa juga untuk pengguna Android.

Untuk pilihan IP yang ada pada VPN juga cukup banyak dan semuanya memiliki koneksi yang terbaik. Jadi Anda bisa memilih salah satu negara tersebut untuk terhubung secara cepat saat mengirimkan data.

NordVPN

Nama lain yang juga populer di kalangan pengguna iPhone adalah NordVPN. Nama dari VPN tersebut dikeluarkan oleh salah satu merek ternama di bidang telekomunikasi dan memiliki kecepatan yang stabil.

Banyak sekali fitur yang disematkan di aplikasi tersebut, diantaranya ada opsi 6 IP yang bisa dipilih. Hal ini menjadi nilai plus karena umumnya VPN di iPhone hanya menyediakan 5 IP saja.

Menariknya, Anda juga bisa memilih IP khusus yang tersedia di dalam aplikasi ini. Semua fitur yang ada di aplikasi bisa Anda nikmati secara gratis dan proses pengoperasiannya cukup mudah.

IPVanish

Bagi Anda yang menginginkan VPN dengan dial digital yang begitu ekstensif, maka bisa menggunakan IPVanish. Selain mudah digunakan, IPVanish juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik.

Salah satunya penggunaan layar yang cukup kecil dengan tingkat penyetelan presisi terbaik. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan grafis visual dan pengendalian LAN yang cukup mudah.

Secara garis besar, cara mengaktifkan VPN di iPhone bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan aplikasi. Untuk hasil yang maksimal disarankan Anda menggunakan aplikasi dari beberapa pilihan di atas.

Apakah bisa pakai VPN di iPhone?

Bisa. Anda dapat memilih beberapa aplikasi VPN yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kenapa VPN tidak bisa di iPhone?

VPN tidak berfungsi secara baik di iPhone umumnya disebabkan oleh dua faktor. Pertama jaringan seluler yang Anda gunakan koneksinya kurang stabil sehingga tidak bisa terhubung secara penuh.

Faktor kedua karena terjadi permasalahan pada server pusat yang ada pada VPN itu sendiri. Oleh sebab itu, penting pula untuk memilih aplikasi atau layanan VPN terbaik.

VPN itu buat apa sih?

Secara garis besar, VPN sama dengan jaringan seluler atau WiFi yang Anda gunakan saat ini. Hanya saja untuk menghindari kebocoran data di iPhone maka Anda perlu menggunakan VPN. Dengan proses pengiriman data menggunakan VPN dinilai lebih aman dan keamanan data lebih terjamin.