Cara Melacak iPhone dengan IMEI yang Akurat

Sudah menjadi rahasia umum jika iPhone kerap disebut sebagai gadget elit. Harganya yang cukup mahal membuat barang yang satu ini memiliki kemungkinan hilang yang lebih besar.

Beruntungnya, di zaman modern seperti saat ini ada beberapa cara yang bisa diupayakan, misalnya cara melacak iPhone dengan Imei. Perlu Anda ketahui, semua smartphone yang beredar di pasaran mempunyai nomor IMEI yang menjadi nomor identitas dari perangkat tersebut.

Selain itu, nomor IMEI juga bisa digunakan untuk mengecek apakah perangkat tersebut masuk melalui jalur resmi atau ilegal misalnya Black Market. Menariknya, nomor identitas tersebut kini digunakan untuk melacak keberadaan suatu perangkat. Lantas bagaimana caranya?

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara melacak iPhone dengan Imei dan membutuhkan informasi tersebut, yuk cari tahu di bawah ini.

Apa Itu IMEI?

apa itu imei

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melacak iPhone dengan IMEI, apakah Anda tahu apa sebenarnya IMEI itu?

IMEI merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity yang berfungsi untuk membedakan antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. Jadi saat Anda membeli sebuah smartphone, maka pada kotak ponsel akan terdapat nomor IMEI.

Nomor tersebut juga akan digunakan sebagai identifikasi serta pemberlakuan garansi ketika handphone Anda mengalami kerusakan. Semua digit nomor IMEI bersifat permanen sehingga tidak berhubungan dengan SIM card. Saat Anda berganti nomor seluler dan SIM card maka nomor IMEI tidak akan ikut berganti alias tetap.

Nah, nomor IMEI tersebut bisa digunakan untuk melacak iPhone, baik dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi lho. Berikut ulasannya.

Cara Melacak iPhone dengan IMEI, 3 BTS

cara melacak iphone dengan imei 3 bts

Pada dasarnya, melacak iPhone dengan IMEI bukanlah perkara yang mudah. Ya, untuk mendapatkan info lokasi yang akurat Anda harus menggunakan triangulasi BTS.

Dengan kata lain, untuk melacak lokasi iPhone, dibutuhkan 3 tower BTS yang terhubung ke perangkat tersebut dalam waktu bersamaan.

BTS itu sendiri adalah Base Transceiver Station atau tower sinyal yang berfungsi menghubungkan iPhone dan perangkat lain ke operator seluler. Pada umumnya, BTS ditandai dengan cat merah putih.

Sebelum mulai melacak posisi iPhone, maka pastikan dulu bahwa Anda sudah mengantongi beberapa informasi penting seperti nomor IMEI, CID dan juga LAC yang nantinya akan digunakan untuk mengidentifikasi ponsel serta menentukan area pencarian.

Jadi, proses pelacakan secara akurat tidak akan berjalan lancar jika hanya memanfaatkan IMEI saja. Sementara itu, CID dan LAC bisa Anda dapatkan dari operator seluler.

Setelah mengantongi ketiga informasi penting tersebut, selanjutnya proses pelacakan bisa diteruskan dengan menggunakan 3 BTS tower yang berada di dekat iPhone tersebut. Saat iPhone terhubung dengan 3 BTS tower secara bersamaan maka bisa ditemukan lokasi iPhone yang lebih akurat.

Lantas apakah mencari iPhone dengan IMEI bisa dilakukan oleh orang awam dengan pemahaman yang belum sepenuhnya? Tentu saja tidak, untuk menemukan lokasi iPhone secara akurat Anda akan membutuhkan informasi penting dari pihak operator yang sifatnya rahasia.

Namun bagi Anda yang tetap ingin mencoba melacak iPhone dengan IMEI, simak cara berikut ini.

Cara Melacak iPhone dengan IMEI Tanpa Aplikasi

cara melacak iphone dengan imei tanpa aplikasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa melacak iPhone dengan IMEI bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Jadi Anda bisa berusaha melacak iPhone yang hilang tanpa harus menginstall aplikasi tambahan terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:

  • Pertama, silahkan Anda menghubungi pihak provider SIM card supaya dilakukan pemblokiran nomor seluler Anda.
  • Setelah itu, cari tahu berapa nomor IMEI perangkat Anda dengan melihatnya melalui buku panduan iPhone.
  • Kemudian hubungi kantor polisi terdekat dan melaporkan kehilangan iPhone menggunakan nomor IMEI.
  • Gunakan surat kehilangan dari pihak kepolisian untuk menghubungi provider iPhone.
  • Setelah itu pihak iPhone akan memblokir perangkat Anda supaya tidak dapat digunakan oleh orang yang mencuri atau menemukannya.
  • Selanjutnya provider akan membantu Anda mencari tahu keberadaan iPhone Anda dengan nomor IMEI tersebut.

Cara Melacak iPhone dengan IMEI Menggunakan Aplikasi

cara melacak iphone dengan imei menggunakan aplikasi

Selain mencari tahu posisi iPhone yang hilang dengan melapor ke pihak provider dan kepolisian, Anda juga bisa melacak iPhone dengan IMEI menggunakan aplikasi khusus. Cara ini tentu saja lebih praktis dan mudah bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi kantor provider jaringan seluler, kepolisian hingga provider iPhone.

Sementara itu ada beberapa aplikasi pelacakan yang bisa digunakan untuk melacak iPhone dengan IMEI, yaitu:

Find My iPhone

Bagi Anda pengguna iPhone iOS 5, melacak dengan Find My iPhone adalah cara yang paling tepat. Caranya adalah dengan menginstall aplikasi Find My iPhone lalu buka menu Settings pada ponsel dan pilih iCloud.

Kemudian pilih Find My iPhone dan buka website resmi iCloud dengan tap link iCloud lalu login dengan Apple ID Anda.

Lalu pilih Find My iPhone dan aplikasi akan mulai mencari lokasi di mana iPhone Anda berada jika saat itu sedang terhubung dengan internet.

iHound

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki aplikasi iHound, maka Anda akan mendapatkan notifikasi secara otomatis ke email yang menyatakan lokasi di mana iPhone Anda berada sekarang. Selain itu, iHound juga akan mengirimkan notifikasi peringatan saat perangkat Anda dihubungkan dengan perangkat yang lain.

Cara melacak iPhone dengan IMEI sebenarnya cukup rumit, jadi jaga baik-baik barang berharga Anda ya.

Apakah nomor IMEI setiap ponsel berbeda?

Iya. Setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda dengan nomor IMEI perangkat lain.

Apakah nomor IMEI iPhone dapat diganti?

Tidak, nomor IMEi bersifat tetap dan permanen.

Apakah melacak iPhone dengan IMEI terbukti berhasil?

Hasil yang Anda dapatkan dipengaruhi oleh beberapa faktor.