Cara Cek Keaslian iPhone Paling Mudah

Hingga saat ini, iPhone masih menjadi primadona di kalangan pecinta gadget high-end. Bukan tanpa alasan, iPhone memang memiliki banyak sekali kelebihan dan daya tarik yang pantas untuk diincar.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli sebuah iPhone, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara cek keaslian iPhone yang paling simple dan mudah untuk dilakukan. Hal ini tentu saja sangat penting mengingat kemungkinan pemalsuan iPhone yang cukup tinggi.

Terlebih iPhone yang akan Anda beli merupakan barang bekas pakai, beberapa segmen harus benar-benar Anda periksa demi memastikan semuanya aman dan dalam kondisi yang baik. Bukan berarti Anda akan aman jika membeli barang baru ya, saat ini ada banyak sekali replika iPhone yang dijual di pasaran.

Jika dilihat sepintas, bentuknya, rupanya sangatlah mirip atau bisa dibilang produk mirror. Lantas bagaimana cara membedakannya? Yuk pelajari cara cek keaslian iPhone di bawah ini.

Daftar isi

Cara Cek Keaslian iPhone

cara cek keaslian iphone paling mudah

Banyak jalan menuju Roma, maka ada banyak cara juga yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keaslian sebuah iPhone. Jika dilihat dengan teliti, iPhone original tentu saja berbeda dengan iPhone KW atau replika, mulai dari bahan yang digunakan, kualitas kamera yang disematkan, hingga aplikasi bawaan yang ada pada perangkat.

Akan tetapi, selain itu Anda juga bisa mengecek keaslian iPhone melalui nomor IMEI atau nomor seri. Daripada penasaran, langsung simak saja yuk.

Cara Cek Keaslian iPhone dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah nomor identitas untuk suatu perangkat yang tidak dimiliki oleh perangkat lainnya.

Nah, asli atau tidaknya sebuah produk bisa Anda cek dengan nomor tersebut. Bahkan Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara perangkat masuk ke Indonesia, apakah secara legal atau jalur BM yang ilegal. Adapun cara cek keaslian iPhone dengan IMEI yaitu:

  • Pertama, periksa nomor IMEI iPhone dengan memilih menu Settings lalu pilih Umum dan pilih Scroll ke bawah hingga Anda menemukan informasi mengenai nomor IMEI.
  • Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nomor IMEI melalui menu Dial Up, caranya ketik ##06# lalu tap Call dan tunggu informasi yang dibutuhkan.
  • Jika sudah mendapatkan nomor IMEI iPhone, lanjutkan dengan mengeceknya melalui situs resmi check Apple dengan tap Check Your Service and Support Coverage – Apple Support lalu masukkan nomor IMEI ataupun Serial Number iPhone Anda ke dalam kotak yang tersedia.
  • Jangan lupa masukkan kode captcha dan tap
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi keaslian produk Anda dapatkan. Melalui website tersebut Anda juga bisa mengetahui apakah perangkat masih memiliki garansi atau tidak.
BACA JUGA  4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Cara Cek Keaslian iPhone dari Labelnya

Satu lagi yang paling mencolok dari iPhone jika dilihat dari luarnya adalah label. Label iPhone yang asli dibuat oleh Apple California dan dirancang di China. Jika teksnya tidak ada ataupun berbeda, maka Anda pantas curiga aklai iPhone tersebut palsu.

Selain itu, cek juga nomor IMEI yang tertera pada dus, apakah sama dengan nomor IMEI yang sudah Anda cek sebelumnya.

Cara Cek Keaslian iPhone dari Aplikasi Bawaan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melihat keaslian iPhone adalah dengan memastikan aplikasi default pada iPhone. Jadi, pastikan beberapa hal berikut:

  • Lihat apakah ada aplikasi App Store pada perangkat, karena iPhone KW bisa saja justru menggunakan sistem operasi dari Android dan membekali aplikasi Play Store bukan App Store.
  • Buka App Store, apakah bisa terhubung lancar ke dalamnya atau tidak.
  • Sudah dipastikan bahwa sistem operasi dari iPhone yakni menggunakan iOS bukan Android.
  • Lihat versi sistem operasinya yang bisa Anda lihat melalui Pengaturan.
BACA JUGA  4 Cara Download Lagu di iPhone Lewat Google, Gratis dan Sepuasnya!

Cara Cek Keaslian iPhone dari Fisiknya

cara cek keaslian iphone dari fisiknya

Jika melihat software dan nomor serinya sudah dilakukan, Anda juga bisa memastikan keaslian iPhone dari body atau fisik perangkat tersebut. Seperti yang diketahui, pada dasarnya iPhone dirancang untuk masyarakat menengah ke atas.

Maka sudah pasti material yang digunakan berkualitas, kaca dan logam yang berkualitas tinggi. Anda dapat memastikannya dengan melihat secara teliti serta memegangnya. Lalu pastikan juga beberapa poin berikut.

Harga Normal

Segmen lain yang perlu Anda perhatikan adalah harga normal dari perangkat yang Anda beli. Jika iPhone palsu, maka akan dijual dengan harga yang lebih murah dari iPhone originalnya. Sebagai smart buyer jangan sampai Anda tergiur dengan iPhone murah tanpa memastikan keaslian produk ya. Kemudian cek juga garansi dari iPhone.

BACA JUGA  Cara Scan Barcode di iPhone dari Galeri atau HP Sendiri Dengan Mudah

Adanya Retina Display

Jika Anda membeli iPhone 4 ke atas, pastikan keberadaan Retina Display. Teknologi tersebut hanya dimiliki oleh Apple saja dan tidak untuk vendor lainnya, yang mana teknologi Retina Display akan membuat tampilan layar menjadi lebih jernih dan berkualitas.

Waktu Rilis

Hal sepele yang terkadang diremehkan namun sebenarnya penting. Cari tahu waktu rilis iPhone yang dipilih, karena biasanya pihak iPhone melakukan discontinue setelah maksimal 2 tahun produksi.

Cara Cek Keaslian iPhone dengan iTunes

cara cek keaslian iphone dengan itunes

iTunes adalah software dari Apple Inc yang bisa digunakan untuk membeli lagu, memutar hingga manturnya. Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengelola konten di iPhone, iPod, iPod Touch dan juga iPad.

Anda juga bisa memeriksa keaslian produk dengan menghubungkannya ke iTunes, berikut caranya:

  • Siapkan laptop ataupun PC yang memiliki iTunes.
  • Hubungkan iPhone ke komputer atau laptop dengan kabel USB.
  • Buka iTunes dan klik ikon perangkat yang ada di sudut kiri atas.
  • Lalu pilih konten yang ingin diselaraskan, misalnya musik, foto atau video.
  • Periksa file yang ingin Anda sunting lalu klik Terapkan yang terdapat pada sudut kanan bawah.
  • Jika tidak terdapat sinkronisasi otomatis maka Anda bisa memilih pengurutan.
  • Namun jika tetap tidak dapat terhubung maka bisa saja iPhone Anda adalah KW.
BACA JUGA  Cara Restore Chat WhatsApp dari Google Drive ke iPhone dengan Mudah

Perangkat iPhone bukanlah barang yang murah, jadi pastikan iPhone yang Anda beli adalah original. Cukup terapkan beberapa cara cek keaslian iPhone di atas.

Apakah iPhone palsu di jual bebas?

Iya, karena tidak jarang yang sengaja membeli iPhone KW dengan harga yang murah.

Seri iPhone apa saja yang menggunakan Retina Display?

iPhone seri 4 ke atas sudah menggunakan Retina Display, jadi jika iPhone Anda adalah iPhone 4 atau ke atas dan tidak memiliki teknologi tersebut maka sudah bisa dipastikan replika.

Apakah nomor IMEI hanya dimiliki oleh iPhone Original?

Nomor IMEI iPhone yang terdaftar di pihak Apple hanyalah milik iPhone original.