Cara Screen Mirroring iPhone ke Perangkat TV Dengan Mudah

Nah, seiring dengan kemajuan teknologi, kini perangkat smartphone terus mengalami perkembangan, termasuk iPhone yang merupakan salah satu smartphon elit. Bukan hanya menawarkan performa yang istimewa, perangkat smartphone tersebut kini hadir dengan beragam fitur canggih.

Salah satu yang cukup mencuri perhatian para pecinta gadget adalah screen mirroring iPhone yang memungkinkan Anda melihat tampilan layar iPhone dari perangkat lain.

Nah, berbincang tentang screen mirroring pada iPhone, sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara screen mirroring iPhone.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan mirroring iPhone. Apa saja cara yang dimaksud? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Screen Mirroring

sekilas tentang screen mirroring

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan screen mirroring?

Dalam pengertian singkat, screen mirroring adalah memproyeksikan layar dari suatu perangkat ke perangkat yang lain. Umumnya, tujuannya adalah untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih lebar dan lebih jernih, terutama ketika hendak melakukan presentasi atau menunjukkan sesuatu.

BACA JUGA  5 Cara Membersihkan Sampah di iPhone agar Ponsel Kembali Kencang

Nah, umumnya screen mirroring sendiri dilakukan dari perangkat smartphone, termasuk iPhone, ke smart TV. Hanya saja, tidak semua TV bisa digunakan untuk melakukan screen mirroring. Hal ini dikarenakan adanya fitur bernama Air Play yang akan digunakan.

Air Play sendiri adalah fitur bawaan dari iPhone yang fungsinya untuk berbagai konten, streaming TV dan juga screen mirroring.

Artinya, TV yang bisa digunakan untuk melakukan screen mirroring dengan perangkat iPhone adalah TV yang menunjang fitur Air Play tersebut. Oleh karenanya, diperlukan pengecekan terlebih dahulu pada perangkat TV yang hendak digunakan untuk screen mirroring.

Cara Screen Mirroring iPhone ke TV Dengan Menggunakan AirPlay

cara screen mirroring iphone ke tv dengan menggunakan airplay

Dengan menggunakan AirPlay, maka Anda bisa melakukan screen mirroring secara lebih mudah. Namun sebelumnya Anda cek melalui internet dan mengetikkan spesifikasi atau jenis smart TV yang Anda gunakan. Tujuannya tidak lain yakni untuk memastikan adanya dukungan pada AirPlay tersebut.

Setelah dipastikan smart TV yang Anda gunakan support untuk mirroring, selanjutnya Anda bisa melakukan mirroring iPhone tanpa atau dengan menggunakan kabel.

BACA JUGA  5 Cara Mempercepat Video di iPhone

Untuk lebih jelasnya, berikut detailnya.

1. Screen mirroring iPhone ke TV tanpa kabel

Cara screen mirroring iPhone pertama adalah tanpa menggunakan tambahan kabel. Ini adalah cara yang cukup mudah dilakukan. Ada beberapa langkah untuk melakukan cara ini, yaitu:

  • Pastikan jika iPhone dan TV yang hendak digunakan sudah terhubung di jaringan yang sama
  • Jika sudah, hidupkan smart TV tersebut
  • Lalu, buka control center yang ada di iPhone dengan cara mengusap bagian atas kanan layar dekat dengan ikon baterai ke bawah
  • Jika sudah, maka klik opsi screen mirroring yang tersedia
  • Setelah itu, pada layar iPhone yang Anda gunakan akan muncul daftar TV yang sudah terhubung sebelumnya
  • Pilih TV tersebut terutama jika ini adalah screen mirroring yang pertama kali. Anda juga perlu untuk memasukkan password jika screen mirroring tersebut baru yang pertama
  • Setelah itu, layar TV akan langsung bisa menampilkan apa yang terlihat di layar iPhone yang Anda gunakan

Bisa dikatakan jika langkah pertama screen mirroring ini sangat mudah. Untuk menghubungkan perangkat smart TV ke iPhone tanpa kabel ini, Anda bisa menggunakan sambungan wireless.

BACA JUGA  Cara Melacak iPhone dengan IMEI yang Akurat

2. Screen mirroring iPhone dengan TV menggunakan kabel

Selain dilakukan secara nirkabel, Anda juga bisa menggunakan kabel sebagai penghubung. Ini adalah cara yang bisa dikatakan lebih simple dan juga praktis dibandingkan dengan cara yang pertama.

Untuk melakukan screen mirroring dengan menggunakan kabel, maka Anda hanya tinggal menghubungkan kabel HDMI atau adapter VGA dari iPhone dan juga TV. Hanya saja, ada beberapa merek TV yang memerlukan konektor Apple tambahan untuk menghubungkan kabel tersebut.

Jika iPhone dan TV tersebut sudah berhasil terhubung, maka Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya hingga screen mirroring selesai dilakukan. Caranya sebenarnya cukup mudah. Anda hanya tinggal mengubah input TV secara manual untuk menampilkan screen mirroring. Namun, bahkan saat ini sudah banyak smart TV yang sudah bisa mendeteksi input secara otomatis.

Kedua cara di atas bisa dijadikan opsi untuk melakukan screen mirroring iPhone ke TV dengan mudah. Perlu digaris bawahi bahwa TV yang hendak digunakan merupakan produk yang sudah bisa mendukung fitur AirPlay.

Cara Screen Mirroring iPhone Dengan Aplikasi

cara screen mirroring iphone dengan aplikasi

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan screen mirroring dengan menggunakan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan screen mirroring di iPhone secara mudah.

BACA JUGA  3 Cara Memindahkan Kontak dari iPhone ke Android Paling Mudah

Beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Reflector

Reflector adalah salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan screen mirroring dengan mudah dari iPhone ke smart TV. Aplikasi ini bekerja paling baik dengan Air Play, Air Parrot dan juga Google Cast.

Ada beberapa hal yang menarik dari aplikasi yang satu ini, seperti:

  • Pengguna bisa melakukan perekaman layar dengan kualitas hingga 60 fps
  • Jika aplikasi sudah dipasang di perangkat, pengguna hanya perlu menghubungkannya ke reflektor untuk memulai screen mirroring
  • Ada opsi keamanan yang cukup baik untuk menghindari risiko gangguan

Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store. Anda hanya tinggal menginstal dan menikmati fitur yang ada.

2. Mirroring 360

Aplikasi lain yang bisa diandalkan untuk screen mirroring adalah mirroring 360. Ini adalah aplikasi yang menarik karena akan memudahkan screen mirroring dari berbagai perangkat.

Ada beberapa kelebihan dari aplikasi screen mirroring ini, seperti:

  • Kemudahan dalam perekaman screen mirroring untuk kemudian dibagikan ke pengguna lain
  • Proses screen mirroring bisa dilakukan dengan sangat mudah
  • Terdapat beragam fitur penunjang untuk memaksimalkan screen mirroring
BACA JUGA  Kode iPhone Refurbish, Produk Resmi dari Apple dengan Harga Miring

Dengan fitur yang dimiliki, aplikasi ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Terlebih, untuk penggunaan dalam sektor pendidikan.

Nah, kedua aplikasi di atas bisa dijadikan opsi untuk melakukan screen mirroring dengan mudah. Anda tinggal membandingkan mana yang lebih cocok untuk digunakan.

Apakah screen mirroring berpengaruh pada performa iPhone?

Bisa jadi ya. Secara umum, screen mirroring tetap memerlukan RAM untuk menjalankannya. Oleh karenanya, screen mirroring yang sudah lama bisa jadi akan membuat perangkat kehabisan memory RAM sehingga cenderung lambat.

Mana cara yang paling aman untuk melakukan screen mirroring?

Menggunakan fitur bawaan dari iPhone tentu saja cenderung lebih disarankan. Hal ini dikarenakan keamanan koneksi yang lebih terjamin. Oleh karenanya, upayakan menggunakan Air Play baik secara wireless ataupun dengan menggunakan kabel.

Apakah screen mirroring bisa direkam?

Bisa. Jika tidak menemukan adanya perekam secara otomatis, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam video atau hal apapun selama screen mirroring tersebut berlangsung. Hanya saja, pastikan jika resolusi yang dipilih tepat karena bisa jadi resolusi yang bertambah akan membuat ukuran file video bertambah besar.