Cara Mendownload SPSS di Laptop Dengan Mudah

Pernah mendengar tentang SPSS? Ya, SPSS adalah salah satu aplikasi pengolah data yang cukup populer dan banyak digunakan untuk instansi serta dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan di dalam aplikasi SPSS, terdapat beragam fitur penunjang yang bisa diandalkan untuk melakukan pengolahan data secara menyeluruh dan profesional.

Sayangnya, meskipun termasuk aplikasi yang populer, namun masih banyak kalangan yang tidak mengetahui cara mendownload aplikasi ini. Oleh karenanya, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara mendownload SPSS di laptop yang perlu kamu ketahui.

Penasaran bagaimana cara yang digunakan untuk mengunduh aplikasi ini? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang SPSS

aplikasi spss

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Product and Service Solutions. Dengan pengertian tersebut, bisa dikatakan bahwa SPSS adalah software yang berguna untuk melakukan beragam analisis, seperti big data, string, statistika, dan juga algoritme machine learning. Tentu, dengan fitur tersebut, SPSS juga bisa diandalkan untuk membangun sebuah platform data analisis.

BACA JUGA  4 Cara Mengirim Aplikasi Android ke Laptop Anti Repot

Aplikasi SPSS sangat populer di kalangan peneliti dan juga kalangan statistik untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. Selain itu, software ini juga menawarkan fitur library yang bisa digunakan untuk menghitung statistika dengan antarmuka yang cenderung lebih interaktif.

Perlu diketahui bahwa SPSS adalah software komersial yang memiliki harga cukup mahal. Lisensi untuk software ini dijual dengan harga sekitar $5,120 USD. Selain itu, SPSS bisa dijalankan pada beragam OS yang berbeda mulai dari Windows Vista, Windows XP, Mac OS, Windows 7 dan Linux sesuai dengan versi yang digunakan.

Fungsi SPSS

fungsi spss

Sebelum mengetahui cara mendownload SPSS di laptop, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui fitur dan fungsi yang disematkan di dalam software satu ini. Adapun fungsi SPSS diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Data editor

Salah satu fungsi dari SPSS adalah sebagai data editor. Dalam hal ini, SPSS memberikan tampilan berupa spreadsheet yang bisa digunakan untuk memasukkan data, menampilkan data, melakukan definisi dan juga melakukan editing untuk data yang diinginkan dengan lebih mudah.

2. Viewer

Viewer adalah fungsi lain dari SPSS yang cukup penting. Dengan fungsi ini, maka pengguna nantinya bisa melihat proses ataupun menunjuk bagian tertentu dari output. Selain itu, fungsi ini akan memudahkan distribusi guna mengolah data dari SPSS ke aplikasi yang lainnya.

BACA JUGA  Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows 7

3. Multidimensional pivot tables

SPSS juga memiliki fungsi multidimensional pivot tables. Dengan fungsi ini, SPSS bisa diandalkan untuk mengolah data secara lebih baik. Penggunaan software ini bisa dilakukan dengan cara melakukan eksplorasi pada tabel dengan mengatur layer, baris, dan juga kolom.

4. High-resolution graphics

SPSS memiliki fungsi high-resolution graphics yang bisa diandalkan. Fitur ini memiliki fungsi yang sangat penting guna menampilkan bar charts, pie charts, 3D graphics dan lainnya sebagai cara memudahkan pengoperasian SPSS.

Beberapa hal di atas adalah fungsi dan fitur menarik dari SPSS. Tentu, software ini masih memiliki beragam fitur menarik lainnya yang bisa memudahkan keperluan kamu untuk mengolah data dan statistik secara lebih profesional.

Cara Mendownload SPSS di Laptop

cara mendownload spss di laptop dengan mudah

Perlu diketahui bahwa sebenarnya cara mendownload SPSS di laptop sangat mudah. Hanya saja, sebelum mulai mengunduh aplikasi ini, kamu perlu mengetahui spesifikasi minimal komputer yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi ini. Hal ini penting karena sistem akan berpengaruh pada bagaimana aplikasi tersebut dijalankan.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang Juga Beberapa Penyebabnya

Adapun sistem minimal laptop untuk menjalankan aplikasi SPSS adalah sebagai berikut:

  • Windows 7/8/10 versi X32 Bit
  • Kapasitas RAM 4 GB
  • Display Monitor minimal 1024×768
  • Minimal ruang penyimpanan HDD/SDD tersisa 2 GB
  • Minimal sudah menggunakan prosesor single core 2Ghz

Detail poin di atas adalah sistem minimal yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi SPSS. Tentu, jika kamu menggunakan laptop dengan spesifikasi di atasnya, aplikasi ini bisa berjalan dengan lebih baik dan juga lebih stabil.

Nah, untuk mengunduh dan menginstal aplikasi SPSS, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan sebelumnya. Langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Unduh terlebih dahulu file SPSS melalui mesin pencarian Google
  • Setelah itu, ekstrak file SPSS yang sebelumnya sudah selesai diunduh
  • Jika sudah, maka buka file folder ekstrak tadi dan jalankan file setup.exe
  • Klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi run as administrator
  • Nantinya akan muncul jendela tentang user account control
  • Untuk menjalankan aplikasi SPSS tersebut secara administrator, maka klik tes
  • Setelah itu, akan muncul tab pertama setup SPSS
  • Klik next
  • Akan tampil tap software license agreement, klik opsi I accept the terms in the license agreement untuk memberikan persetujuan adanya lisensi
  • Jika sudah, klik next untuk melanjutkan
  • Selanjutnya, akan muncul tab IBM SPSS statistics – essential for python
  • Klik yes ada opsi tersebut kemudian klik next untuk melanjutkan
  • Akan muncul tab persetujuan tentang license agreement
  • Klik pada opsi I accept the terms in the license agreement untuk memberikan persetujuan dan klik next untuk melanjutkan
  • Alan muncul lagi lisensi untuk software license agreement
  • Klik opsi I accept the terms in the license agreement dan kemudian klik next
  • Selanjutnya, akan muncul tab destination folder
  • Untuk mengubahnya, klik change dan pilih tempat penyimpanan yang masih cenderung lega
  • Setelah itu, akan muncul opsi ready to instal the program
  • Klik instal dan tunggu proses instalasi hingga selesai
  • Apabila ada tanda centang yang ada pada checkbox start IBM SPSS statistics, maka ada tahapan berikutnya yang perlu dilakukan sebelum membuka software SPSS
  • Setelah itu, klik finish untuk menutup tap setup tersebut
  • Jika proses instalasi sudah selesai, maka kamu bisa langsung mengoperasikan aplikasi SPSS tersebut
  • Selesai
BACA JUGA  6 Download Software Pembuat Animasi Bergerak 3D Paling Terkenal di Dunia

Nah, beberapa langkah di atas adalah cara yang perlu kamu lakukan untuk menginstal aplikasi SPSS di laptop. Bisa dikatakan bahwa cara tersebut sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, kamu perlu bersabar untuk mengikuti step yang tertera serta memastikan jika sistem laptop yang digunakan cukup mumpuni untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Apakah SPSS tersedia secara gratis?

SPSS merupakan software komersial dan memiliki lisensi berbayar. Oleh karenanya, untuk menggunakan software ini, ada biaya yang harus dikeluarkan. Untuk opsi gratis, bisa jadi pengguna memakai crack namun opsi ini kurang disarankan.

BACA JUGA  5 Cara Mengisi Formulir PDF di Laptop Tanpa Convert

Software SPSS butuh RAM berapa GB?

Untuk sistem minimal, dibutuhkan RAM dengan kapasitas 4 GB agar bisa menjalankan software ini. RAM yang lebih besar tentu saja lebih direkomendasikan untuk menjalankan software dengan lebih stabil dan juga lebih ringan.

Apakah perlu menggunakan SPSS versi terbaru?

Jika laptop yang digunakan memiliki spesifikasi yang mumpuni, menggunakan SPSS terbaru tentu lebih disarankan. Pasalnya, pada versi SPSS terbaru kamu juga bisa menikmati fitur yang lebih baru dan lengkap serta performa yang lebih baik.