6 Cara Mengecek Laptop Bekas, Wajib Lakukan Sebelum Beli

Harga laptop yang semakin melambung sering kali membuat sebagian orang merasa keberatan jika harus membeli laptop baru. Melihat fakta tersebut, solusi yang terbaik adalah membeli laptop bekas dengan harga terjangkau dan spesifikasi mumpuni.

Sayangnya, tak jarang pembeli yang tertipu karena kondisi laptop tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk menghindarkan Anda mendapatkan laptop second berkondisi buruk, lakukan beberapa tahap cara mengecek laptop bekas berikut.

Tenang saja, semua cara di bawah ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, sekalipun Anda awan dengan jenis-jenis laptop.

Daftar isi

Tahapan Cara Mengecek Laptop Bekas

tahapan cara mengecek laptop bekas

Sebelum mengecek laptop bekas, pastikan Anda sudah menemukan pilihan laptop terbaik dari yang ditawarkan oleh penjual, mengingat pengecekan memakan waktu cukup panjang. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan 3 pilihan, lalu lakukan pengecekan dengan tahapan berikut ini.

1. Mulai Periksa Bodi Luar

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bodi luar secara menyeluruh. Pada bagian casing atas, periksa garis halus dan baret. Selanjutnya pada bagian casing bawah, periksa kelengkapan sekrup.

Berikutnya, buka laptop untuk melihat kelengkapan keyboard sekaligus memeriksa kondisi engsel. Perlu ditekankan di sini, pastikan kondisi engsel masih bagus karena jika terjadi kerusakan pada engsel bisa berpotensi penggantian casing secara menyeluruh.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mudah

2. Coba Nyalakan Laptop untuk Periksa Layar & Fungsi Port

Setelah semua tampak lumayan mulus untuk standar laptop bekas, minta izin kepada penjual untuk menyalakan laptop guna mengecek dead pixel. Ganti wallpaper laptop dengan warna terang. Bila layar monitor cukup mulus, lanjutkan ke pengecekan baterai. Selagi menyala, coba satu per satu fungsi lubang dari masing-masing port.

3. Cek Kesehatan Baterai

cek kesehatan baterai laptop

Selanjutnya adalah mengecek kesehatan baterai. Kondisi baterai laptop bekas terbaik dapat dicek dengan cara berikut:

  • Tekan Windows logo + R, kemudian Enter cmd pada kolom pencarian
  • Setelah masuk Command Prompt, Enter powercfg/batteryreport
  • Kemudian, buka pada browser lokasi penyimpanan berikut: C:\WINDOWS\system32\battery-report.html untuk memeriksa
  • Akan muncul informasi lengkap mengenai berapa lama laptop bertahan dalam kondisi penuh, apakah masih layak pakai atau tidak
BACA JUGA  Cara Memasang VPN di Laptop Paling Gampang dan Cepat!

4. Periksa Fungsi Keyboard & Touchpad

Cara mengecek laptop bekas berikutnya yakni pada bagian keyboard dan touchpad, caranya buka https://en.key-test.ru/. Selagi halaman web terbuka, tekan semua tombol yang ada pada keyboard sekaligus touchpad. Bila semua berubah menjadi warna biru, artinya keyboard dan touchpad masih layak pakai.

5. Tes Suara Speaker

Berikutnya adalah mengecek speaker laptop dengan cara menyetel lagu atau video melalui YouTube. Dengarkan dengan seksama apakah suara yang keluar dari speaker terdengar normal, tidak jelas, atau patah-patah.

BACA JUGA  Fungsi Adobe InDesign, Andalannya Para Layouter

6. Sesuaikan Spesifikasi Laptop

cek spesifikasi laptop

Apabila speaker masih dalam kondisi baik, periksa kesesuaian spesifikasi laptop yang telah diklaim oleh penjual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan logo Windows pada keyboard dan tombol R secara bersamaan
  • Ketik “dxdiag” pada kolom pencarian, lalu Enter
  • Pada tampilan spesifikasi laptop yang muncul, samakan dengan spesifikasi yang diklaim penjual serta kebutuhan Anda

Itu tadi cara mengecek laptop bekas untuk Anda yang awam dengan teknologi sehingga tidak lagi mudah tertipu oleh penjual yang jahil.

Spesifikasi laptop ada apa saja?

Sebelum membeli laptop, penting untuk mempertimbangkan spesifikasinya, apakah sudah mencukupi kebutuhan Anda atau belum. Beberapa yang penting untuk dicek diantaranya yakni prosesor, RAM, Hard Disk, VGA, DVDRW, WiFi, Camera, dan Bluetooth.

BACA JUGA  Perbedaan Intel Celeron dan Core i3, Mana yang Lebih Baik?

Apa saja tips membeli laptop bekas online?

Tips paling utama adalah memilih penjual laptop bekas online terpercaya. Carilah penjual yang membranding toko online berasaskan kebutuhan pelanggan.

Lihat bagaimana admin di marketplace atau sosial media berinteraksi. Jika admin tersebut dengan senang hati dan menikmati pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan, sudah pasti laptop yang diberikan terjamin.

Cari penjual lain jika admin terlihat pilih kasih hanya merespon pelanggan yang ingin membeli, karena besar kemungkinan toko tersebut tidak memberikan pelayanan dan produk terbaik.

Apa merek laptop bekas terbaik?

Yang terbaik bukan berdasarkan merek, melainkan yang paling sesuai dengan budget dan tujuan penggunaan laptop. Lalu, terapkan cara-cara di atas untuk mengecek kondisi laptop yang dipilih.