Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10

Tahukah Anda bahwa tidak hanya manusia saja yang dapat diserang oleh virus, namun perangkat seperti ponsel, komputer hingga laptop juga memiliki kemungkinan besar diserang oleh virus. Jika virus pada manusia menyerang kekebalan tubuh, maka virus yang menyerang laptop akan menyerang sistem operasi bahkan perangkat kerasnya.

Sementara itu, WIndows 10 masih termasuk sistem operasi baru yang juga memerlukan perkembangan teknologi sehingga tidak jarang pengguna dengan perangkat Windows 10 rawan terkena virus ataupun malware.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di laptop Windows 10 supaya perangkat dapat segera diselamatkan ketika diserang oleh virus ataupun malware. Ingin tahu bagaimana caranya?

Daftar isi

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

cara menghilangkan virus di laptop windows 10 tanpa aplikasi tambahan

Pada dasarnya membersihkan virus pada laptop Windows 10 ataupun tipe yang lainnya dapat dilakukan menggunakan beberapa alternatif cara. Seperti melakukan install ulang, format partisi hingga menggunakan fitur CMD ataupun menggunakan aplikasi antivirus.

Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 dengan Fitur CMD

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan virus pada Windows 10 adalah menggunakan fitur bawaan dari Windows 10 itu sendiri, yakni CMD. Dengan memanfaatkan fitur tersebut maka Anda bisa menghilangkan virus tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Meski begitu, beberapa pengguna beranggapan bahwa menghilangkan virus dengan fitur CMD dirasa lebih rumit karena Anda harus menginput beberapa kode ini. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Pertama, tap pada icon Start lalu ketikan CMD pada kolom search yang telah disediakan.
  • Tunggu hingga CMD ditampilkan pada search result.
  • Jika sudah, klik kanan aplikasi CMD lalu pilih Run As Administrator.
  • Lalu cek Drive laptop satu per satu.
  • Silahkan ketik dir D:attrib –s –h/s/d untuk mengecek Drive D.
  • Perlu diketahui, Anda juga dapat mengecek drive lain dengan mengganti kode D dengan drive yang ingin Anda cek.
  • Jika sudah, kini saatnya semua file yang ada pada Drive dieksplorasi dan Anda akan menjumpai file dengan format ekstensi .EXE. Saat Anda menjumpainya jangan lupa untuk langsung menghapusnya ya.
  • Jika suatu kendala terjadi saat proses penghapusan, Anda dapat menghapus file rusak melalui Regedit Editor.
BACA JUGA  Intip Cara Cas Laptop yang Benar Agar Laptop Jadi Lebih Awet

Menghilangkan Virus di Laptop Windows 7 dengan Format Partisi

Selain menggunakan aplikasi bawaan CMD, Anda juga dapat menghilangkan virus dengan cara format partisi. Meskipun memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk berhasil, namun cara ini juga cukup berisiko karena data Anda akan hilang sepenuhnya. Adapun caranya yaitu:

  • Pertama, buka File Explorer lalu pada Drive yang ingin Anda format silahkan klik kanan dan pilih Format.
  • Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi. Jika Anda sudah yakin ingin melakukan format maka konfirmasi dan tunggu hingga Drive terformat sempurna.
BACA JUGA  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mudah

Menghilangkan Virus di Laptop dengan Fitur Keamanan Windows

Untuk menghilangkan virus dari suatu perangkat tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan dapat Anda lakukan dengan fitur keamanan dari Windows. Menariknya, Anda dapat mendeteksi virus menggunakan cara ini tanpa memerlukan koneksi internet. Yaitu hanya dengan:

  • Klik Start lalu pilih Setting dan klik Update & Security.
  • Di bagian kiri pilihlah Windows Security dan klik Open Windows Security.
  • Setelah itu silahkan pilih Virus & threat protection.
  • Klik Scan Option pada opsi pemindaian.
  • Kemudian pilih Microsoft defender offline scan.
  • Dengan opsi tersebut maka pemindaian akan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.
  • Anda bisa memilih Quick Scan untuk melakukan proses scanning secara cepat.
  • Tunggu hingga proses scanning selesai dan laptop akan otomatis memulai ulang.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 dengan Aplikasi Tambahan

cara menghilangkan virus di laptop windows 10 dengan aplikasi tambahan

Menghilangkan Virus dengan Aplikasi Antivirus

Selain menggunakan ketiga cara di atas, Anda juga dapat menghilangkan virus di laptop Windows 10 dengan aplikasi Antivirus. Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali aplikasi Antivirus yang bisa Anda pilih dan gunakan. Semuanya tentu saja mempunyai sisi kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA  Ini Dia 5 Cara Cek SSD Laptop di Windows 10, Tak Perlu Bongkar Laptop

Beberapa software Antivirus yang bisa Anda gunakan adalah Avast, Bitdefender, Norton, AVG ataupun McAfee. Aplikasi Antivirus tersebut sudah terbukti efektif untuk menghilangkan virus dan malware yang hobi menyerang laptop Windows 10.

Cara menghilangkan virus di laptop Windows 10 dengan aplikasi Antivirus ini sangatlah simple. Anda hanya perlu mengunduh dan memasang salah satu aplikasi Antivirus yang diinginkan. Setelah itu buka aplikasi dan lakukan scanning.

Jangan lupa untuk rutin melakukan scanning serta melakukan update aplikasi secara berkala. Semua aplikasi Antivirus memerlukan pembaharuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengatasi berbagai virus ataupun malware pada suatu perangkat.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 Melalui Install Ulang

cara menghilangkan virus di laptop windows 10 melalui install ulang

Melakukan install ulang untuk mengatasi virus dan malware adalah alternatif terakhir saat virus sudah berhasil menguasai perangkat Anda dan kinerja laptop pun sudah sangat merosot. Karena merupakan pilihan solusi yang terakhir, maka risiko yang akan didapatkan juga paling besar yaitu berupa kehilangan data laptop secara menyeluruh.

BACA JUGA  5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows, Paling Lengkap!

Setelah diinstall ulang, maka laptop akan kembali ke pengaturan pabrik alias seperti perangkat baru. Setelah selesai melakukan install ulang, maka segeralah download aplikasi AntiVirus sebagai virus protection perangkat Anda.

Cara menghilangkan virus di laptop Windows 10 memang sangat beragam. Anda dapat memilih salah satu alternatif solusi yang dianggap paling pas dan simple untuk Anda. Selamat mencoba.

Apakah virus dapat hilang secara langsung setelah dibersihkan dengan CMD?

Tentu saja. Fitur CMD dapat mengatasi semua virus hingga malware yang menyerang perangkat.

Apa saja jenis virus yang bisa menyerang laptop dan perangkat lainnya?

Pada dasarnya virus adalah bagian dari malware dan malware itu sendiri memiliki beberapa jenis seperti virus, Tojan, Spyware hingga worm.