Cara Menyambungkan iPhone ke TV Paling Mudah

Menonton video di iPhone terkadang kurang merasa puas karena layar smartphone tersebut kecil. Alternatifnya, kamu perlu menghubungkan iPhone ke televisi atau perangkat yang kompatibel. Ya, dengan terhubungkan iPhone ke TV, kamu bisa menikmati tontonan dengan lebih puas dan menyenangkan.

Cara menyambungkan iPhone ke TV pun cukup mudah, baik dengan kabel atau tidak. Dengan demikian, kamu tinggal memilih dan bisa disesuaikan dengan kondisi dari kedua perangkat yang akan disambungkan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini hingga akhir.

Cara Menyambungkan Iphone Ke TV Tanpa Kabel

cara menyambungkan iphone ke tv tanpa kabel

Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan kabel yang menjalar di berbagai sisi ruangan, kamu bisa mencoba cara menghubungkan iPhone ke TV berikut ini.

Di sini kamu membutuhkan bantuan beberapa aplikasi tambahan, seperti.

1. Airplay

Airplay merupakan aplikasi bawaan yang ada di iPhone, sehingga kamu tidak perlu menginstalnya secara manual. Nah, berikut cara menghubungkan iPhone ke TV melalui Airplay:

  • Langkah 1: Cari video yang akan diputar di televisi.
  • Langkah 2: Cari aplikasi Airplay melalui pusat kontrol di perangkat tersebut.
  • Langkah 3: Klik Airplay lalu pilih aplikasi tersebut sebagai penerima siaran video.
  • Langkah 4: Setelah berbentuk gelembung, kamu bisa mengklik bagian tersebut lalu klik
BACA JUGA  4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Sebagai catatan, untuk menghubungkan TV dengan aplikasi tersebut, kamu membutuhkan TV dari merk Apple juga. Hanya saja, kini kamu juga bisa menggunakan alternative televisi lain yang kompatibel seperti Smart TV dari merk lain.

2. Menggunakan Mac

Untuk menikmati tayangan video iPhone di TV, kamu juga bisa menghubungkan dengan Mac. Melalui perangkat tersebut, kamu tidak perlu menggunakan kabel tambahan lagi.

Hanya saja, untuk menghubungkan iPhone ke televisi, kamu perlu menginstal aplikasi tambahan seperti 5KPlayer atau LonelyScreen. Kedua aplikasi tersebut tidaklah gratis alias berbayar. Meski begitu, harga yang ditentukan sudah sebanding dengan kualitasnya.

Video yang dihasilkan dengan bantuan aplikasi tersebut kualitasnya hingga 5K atau lebih dari ultra HD. Dengan demikian, kamu bisa menonton video dengan pengalaman yang lebih baik.

3. Apple TV

Meskipun sama-sama dibuat oleh perusahaan Apple, Apple TV berbeda dengan Mac. Yang mana Apple TV memang lebih dikhususkan untuk menonton serial yang ada di televisi baik lokal maupun luar negeri.

BACA JUGA  Yuk Ketahui Perbedaan iPhone X dan XS Max sebelum Membeli

Dengan Apple TV, kamu juga bisa menghubungkan iPhone ke perangkat tersebut secara mudah. Namun sebelum dihubungkan, iPhone perlu tersambung terlebih dahulu dengan WiFi.

Selain itu, syarat lain untuk menggunakan iPhone dengan Apple TV yaitu minimal OS iPhone 4. Selain itu, jenis Apple TV yang digunakan juga harus masuk di generasi kedua yang diproduksi di tahun 2010 ke atas.

Jika tidak demikian maka kedua perangkat ini tidak bisa support untuk bisa dihubungkan. Bagi kamu yang ingin menggunakannya, maka berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Hubungkan Apple TV dengan iPhone.
  • Langkah 2: Lakukan set up pada televisi dan pastikan terhubung dengan WiFi.
  • Langkah 3: Scroll ke atas lalu temukan aplikasi Airplay.
  • Langkah 4: Pada aplikasi tersebut kamu bisa memilih Apple TV.

Dengan langkah tersebut kamu bisa mencari video atau langsung melakukan live streaming di perangkat. Pada intinya, kedua perangkat tersebut bisa terhubung jika menggunakan WiFi dengan koneksi yang stabil.

Cara Menyambungkan iPhone ke TV Menggunakan Kabel

cara menyambungkan iphone ke tv menggunakan kabel

Jika beberapa cara di atas belum support dengan perangkat kamu, alternative yang bisa dilakukan yaitu menyambungkan iPhone ke TV menggunakan kabel. Ada berbagai jenis kabel yang bisa digunakan, dan berikut ulasan selengkapnya:

BACA JUGA  Cara Setting APN Telkomsel iPhone Dengan Mudah

1. Kabel HDMI

Untuk menghubungkan perangkat iPhone ke TV bisa menggunakan kabel HDMI. Selain membutuhkan kabel HDMI, kamu juga perlu membeli Apple Digital Adapter agar lebih mudah saat menghubungkan iPhone.

Adapter sendiri dibutuhkan sebagai penghubung keduanya karena di iPhone sendiri tidak ada port untuk HDMI.

Keduanya bisa kamu beli di toko online atau di market resmi Apple yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ketika kedua perangkat tersebut sudah tersedia, maka kamu tinggal menghubungkannya ke TV. Jadi port yang ada di iPhone dihubungkan ke adapter dan kabel HDMI dicolokkan ke adapter dan juga di belakang TV.

Beruntungnya, hampir semua televisi keluaran terbaru kini sudah support kabel HDMI. Bahkan untuk yang televisi kelas menengah ke atas, port untuk kabel HDMI terlebih lebih dari satu.

2. Adapter Analog

Penggunaan dari adapter analog ini digunakan untuk televisi keluaran lama yang sering disebut televisi analog. Untuk menghubungkan ke televisi tersebut, setiap jenis iPhone berbeda-beda sesuai dengan serinya.

BACA JUGA  8 Rekomendasi Aplikasi Scanner iPhone Terbaik dan Mudah Digunakan

Misalnya untuk iPhone 6, 7 dan ke atas maka diperlukan adapter lightning to VGA Adapter. Dengan adapter tersebut maka port dari iPhone bisa ditancapkam di perangkat tersebut. Selain itu, port lainnya di adapter digunakan untuk menghubungkan ke televisi yang digunakan.

Berbeda halnya dengan iPhone 5 ke bawah, di mana kamu perlu menggunakan Apple Component AV Cable. Dengan perangkat tersebut konsepnya sama yaitu sebagai penengah antara iPhone dan televisi yang digunakan.

3. AnyCast

Anycast juga merupakan adapter namun punya keunggulan lain dari yang lainnya. Dengan adapter tersebut bisa membuat televisi yang kamu miliki terasa seperti smart TV.

Sehingga, selain untuk menonton video juga bisa dihubungkan untuk browsing layaknya smartphone. Hanya saja sebelum digunakan perlu di connect terlebih dahulu ke Wifi sekitar.

Jika kamu menggunakan adapter tersebut maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah 1: Nyalakan perangkat tersebut lalu hubungkan dengan port HDMI TV.
  2. Langkah 2: Pindahkan channel di TV agar bisa terhubung dengan Anycast.
  3. Langkah 3: Kemudian kamu bisa menancapkan kabel USB ke port listrik.
  4. Langkah 4: Aktifkan tombol kecil disamping Anycast dan dapatkan password dan idnya.
  5. Langkah 5: Hubungkan iPhone dengan Wifi melalui Anycast tersebut.
  6. Langkah 6: Ketika terhubungkan maka masukkan saja ID dan password yang didapatkan sebelumnya.
BACA JUGA  6 Rekomendasi Aplikasi Percepat Game Terbaik Untuk Android dan iPhone

Dengan langkah-langkah tersebut, iPhone yang kamu miliki akan terhubung dengan televisi. Kamu bisa menonton video dari Youtube atau menonton serial televisi lainnya dengan layar yang lebih lebar.

Jadi cara menyambungkan iPhone Ke TV dapat dilakukan dengan atau tanpa kabel. Namun untuk memudahkan dan memang lebih praktis tanpa kabel namun perangkatnya tergolong lebih mahal.

Dimana letak AirPlay di iPhone?

Airplay merupakan aplikasi bawaan iPhone yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke televisi. Letak dari aplikasi tersebut berada di pusat kontrol dan dapat digunakan dengan cara menekannya.

Jadi tekan di bagian tersebut lalu di sudut kanan atas, kamu bisa menemukan aplikasi itu. Aplikasi ini sangat penting karena bisa digunakan untuk menghubungkan iPhone ke televisi dengan tanpa kabel.

Screen mirroring iPhone untuk apa?

Screen mirroring iPhone dapat digunakan bagi kamu yang ingin menghubungkan iPhone ke Apple TV. Untuk menghubungkan keduanya tentu harus disambungkan terlebih dahulu ke jaringan wifi yang ada. Secara tidak langsung fungsi dari screen mirroring adalah menghubungkan dua perangkat tanpa menggunakan kabel.