Ini Cara Scan Barcode di Laptop Paling Mudah Anti Ribet

Barcode atau kode QR menjadi salah satu bentuk inovasi dari kode batang yang saat ini cukup banyak digunakan. Memang, dengan menggunakan barcode, keamanan akses menjadi lebih tinggi sehingga risiko penyalahgunaan data tidak akan terjadi. Selain itu, barcode pun bisa digunakan untuk mempercepat akses, seperti pembayaran atau lainnya.

Nah, berbincang tentang barcode, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara scan barcode di laptop. Ya, pertanyaan seputar cara untuk melakukan scanning barcode di laptop cukup kerap muncul. Pasalnya, laptop memiliki perbedaan dengan smartphone dan juga scan barcode menggunakan laptop cenderung kurang familiar.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan scan barcode menggunakan laptop dengan mudah? Simak ulasannya!

Cara Scan Barcode di Laptop Paling Gampang

cara scan barcode di laptop paling gampang

Seperti yang disinggung di awal, di zaman teknologi seperti sekarang ini, barcode atau QR code menjadi satu hal yang kerap digunakan untuk beragam tujuan. Misalnya, barcode dipakai untuk menyebarkan nomor kontak, email, website dan juga alat pembayaran. Keamanan dan kecepatan akses menjadi alasan umum penggunaannya.

BACA JUGA  Cara Upgrade VGA Laptop Tanpa Bongkar Motherboard, Apa yang Harus Dilakukan?

Terkait scanning barcode di laptop, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan fitur pemindai QR code yang disediakan oleh Windows. Tentu saja, cara ini hanya bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan laptop dengan OS Windows.

Untuk scanning barcode di laptop dengan pemindai QR code, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Pertama, klik menu start Windows yang ada di sebelah kiri bawah paling pojok
  • Nah, saat masuk di menu start, cari aplikasi bernama Windows Store
  • Di bagian atas jendela start klik menu store yang tersedia
  • Di layar laptop, kamu akan menemukan tampilan jendela store. Kemudian, ketik QR code pada menu pencarian yang ada di jendela store
  • Setelah hasil pencarian muncul, scroll untuk menemukan aplikasi pemindai QR code tersebut
  • Dalam hal ini, kamu mungkin akan menemukan beberapa hasil pencarian yang berbeda. Nah, hasil pencarian yang dipilih adalah aplikasi QR Code Bar Scanner
  • Klik dan buka aplikasi tersebut
  • Jika sudah, klik tombol berwarna biru yang ada tulisan get di bagian kiri untuk mengunduh aplikasi tersebut ke perangkat laptop yang kamu gunakan
  • Buka aplikasi tersebut dan klik pada opsi close dialog jika diminta
  • Arahkan kamera laptop pada barcode yang ingin dipindai
  • Tunggu sebentar hingga proses scanning barcode tersebut selesai
BACA JUGA  7 Cara Menggunakan Webcam Eksternal di Laptop

Dengan beberapa langkah di atas, kamu sudah bisa melakukan scanning barcode di laptop dengan mudah. Penggunaan aplikasi ini cukup disarankan karena merupakan aplikasi langsung dari Windows sehingga keamanannya pun cenderung terjamin.

Cara Scan Barcode di Laptop Dengan Aplikasi Lain

cara scan barcode di laptop dengan aplikasi

Untuk melakukan scanning barcode di laptop, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi. Adapun beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan scanning barcode di laptop adalah sebagai berikut:

1. Byte Scout Barcode Reader

Byte Scout Barcode Reader merupakan aplikasi yang cukup menarik untuk melakukan scanning barcode menggunakan laptop dengan mudah. Pasalnya, aplikasi yang satu ini bisa memindai lebih dari satu barcode dengan beragam format yang berbeda, seperti file PDF, JPG, PNG dan lainnya. Bahkan, barcode dari webcam pun bisa dipindai dengan sangat baik.

Setelah proses pindai berhasil, maka aplikasi Byte Scout Barcode Reader akan memberikan detail dari setiap barcode tersebut, termasuk jenis barcode dan kode yang disertai dengan pra-tinjau gambar. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun bisa melakukan decode atau penerjemahan kode barcode dari seluruh tipe barcode populer.

BACA JUGA  Inilah Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan Mudah

Hal menarik lainnya, Byte Scout Barcode Reader bisa memindai barcode dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu. Sangat membantu, bukan?

Byte Scout Barcode Reader tersedia dengan ukuran file yang cukup kecil. Nantinya, ketika menggunakan aplikasi ini, kamu akan menemukan fitur navigation explorer yang akan memudahkan kamu untuk mencari gambar yang mengandung barcode.

2. Z-Bar Barcode Reader

Aplikasi lain yang bisa diandalkan untuk melakukan scan barcode di laptop adalah Z-Bar Barcode Reader. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi command prompt untuk memindai barcode dengan sangat mudah.

Dari sebuah command, Z-Bar Barcode Reader bisa memindai banyak barcode dari video ataupun gambar dengan beragam ekstensi yang berbeda.

Hal menarik dari aplikasi ini adalah Z-Bar Barcode Reader tersedia untuk beberapa OS yang berbeda. Selain bisa digunakan untuk laptop dengan OS Windows, aplikasi ini juga cocok untuk laptop yang menggunakan OS Linux.

3. Kamkode

Kamkode merupakan sebuah aplikasi pemindai barcode yang dapat digunakan dengan cukup mudah. Tidak hanya melakukan scanning, aplikasi ini pun bisa membuat barcode dengan basis Java.

Dengan menggunakan Kamkode, kamu bisa melakukan proses pindai barcode dari webcam yang terhubung dengan device yang kamu gunakan. Tidak hanya bisa melakukan proses pindai dengan cepat, aplikasi ini bisa mendeteksi barcode bertipe 1 dimensi ataupun 2 dimensi.

BACA JUGA  Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows 7

Kamkode juga bisa digunakan untuk laptop dengan OS yang berbeda. Selain untuk laptop dengan OS Windows, Kamkode juga tersedia untuk laptop dengan OS Linux.

4. IB Scanner Free

IB Scanner Free juga bisa dijadikan aplikasi scanner barcode yang cukup menarik. Aplikasi yang satu ini bahkan bisa melakukan scanning hingga 9 jenis barcode yang berbeda.

Ketika menggunakan aplikasi ini, kamu nantinya akan mendapatkan hasil pindai secara lengkap dengan detail dan juga pra-tinjau gambar. Detail barcode yang dimaksud adalah jenis barcode serta teks barcode hasil penerjemahan.

Hal menarik lain dari aplikasi IB Scanner Free adalah ukuran file yang cenderung kecil. Kamu bisa menggunakan versi portable atau tidak dengan ukuran file setup yang hanya sekitar 600 kb saja.

Beberapa hal di atas adalah ragam aplikasi yang bisa diandalkan untuk cara scan barcode di laptop dengan sangat mudah dan cepat. Nah, kamu hanya tinggal membandingkan beberapa aplikasi tadi dan memilih mana yang menurut kamu paling lengkap dan mudah digunakan. Satu lagi, jangan lupa untuk mengecek spesifikasi aplikasi dan spesifikasi laptop.

Apa yang menyebabkan barcode cenderung susah untuk dipindai?

Jika kamu menggunakan device lain seperti melakukan scanning barcode dengan HP lain, maka bisa jadi ada masalah pada kamera yang kotor atau file cache yang terlalu banyak. Oleh karenanya, pastikan kamu membersihkan kamera dan juga menghapus cache secara teratur.

BACA JUGA  Cara Mematikan Antivirus Laptop Dengan Mudah

Sedangkan ketika melakukan scanning barcode di laptop, bisa jadi scanning yang bermasalah dikarenakan kualitas gambar yang kurang jelas ataupun gangguan pada sambungan internet. Oleh karenanya, pastikan kamu menggunakan gambar yang jernih dan cek bagaimana kecepatan internet yang terhubung.

Bagaimana cara untuk membuat barcode dengan aplikasi?

Aplikasi scanning barcode yang menyediakan fitur pembuatan barcode sebenarnya bisa digunakan dengan mudah. Pasalnya, ada semacam generator yang tersedia untuk membuat barcode tersebut. Artinya, kamu tidak perlu merancang barcode sendiri.

Apa yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan beberapa data sebagai bagian dari barcode yang dibuat seperti perintah. Nah, sistem aplikasi nantinya secara otomatis akan membuat barcode tersebut.

Apakah menggunakan aplikasi scanning barcode versi mod disarankan?

Sebenarnya tidak. Seseorang menggunakan aplikasi scanning versi mod biasanya ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan juga gratis. Hanya saja, ada risiko bahwa aplikasi mod tersebut memiliki malware di dalamnya yang ketika digunakan akan menyebabkan sistem perangkat menjadi bermasalah atau bahkan rusak. Terlebih, aplikasi scanning gratis pun banyak tersedia.