Cara Upgrade Processor Laptop Dengan 5 Langkah Mudah

Tahukah kamu jika di dalam smartphone atau laptop yang kamu gunakan sehari-hari terdapat suatu perangkat keras yang disebut processor? Ya, perangkat keras ini berperan sebagai otak dari semua aktivitas yang dijalankan di laptop. Oleh karena itu, banyak pengguna ingin mengupgrade processor untuk mendapatkan performa yang lebih mantap. Lantas, bagaimana cara upgrade processor laptop?

Mengupgrade processor laptop ke versi yang terbaru memang wajib untuk dilakukan guna menjaga sekaligus meningkatkan kinerja perangkat. Terutama untuk perangkat dengan spesifikasi default terbatas. Upgrade processor juga berfungsi untuk memastikan tidak terjadi tumpang tindih dalam hal penugasan antara komponen yang satu dengan lainnya.

Meski demikian, mengupgrade processor laptop tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengupgradenya. Sebab, jika kamu salah mengupgradenya, dampak fatal pada kinerja laptop bisa kamu dapati.

BACA JUGA  Cara Gadai Laptop di Pegadaian dengan Aman, Mudah dan Cepat

Untuk mendapatkan panduan cara upgrade processor laptop, simak ulasan berikut ini.

Cara Upgrade Processor Laptop

cara upgrade processor laptop dengan mudah

Memiliki laptop yang menghasilkan kinerja lebih baik memang hal yang paling diharapkan. Nah, hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan beberapa alternatif seperti mengupgrade processornya.

Meskipun, menguprade processor laptop bukan hal yang mudah karena terdapat beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi. Namun, hal tersebut masih bisa kamu jalankan asalkan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Adapun prosedur menguprade processor laptop sebagai berikut:

BACA JUGA  Adobe Illustrator vs CorelDraw, Mana Software Grafis Terbaik?

1. Lakukan Pemeriksaan Processor Laptop yang Digunakan

Mengingat, tidak semua komponen pada perangkat laptop dapat dilepas dan diganti. Maka, cara pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan laptop yang digunakan memakai processor jenis soket yang bisa dilepas.

Sebab, jika laptop dengan processor yang sudah terpasang permanen, tentu saja tidak bisa di upgrade. Namun, jika tetap dipaksa maka laptop bisa mengalami kerusakan.

Untuk memeriksa processor laptop menggunakan soket yang dapat dilepas atau tidak adalah dengan membongkar casing laptop. Kemudian, melepas heatsink laptop. Namun, jika laptop yang digunakan jenis intel processor, kamu dapat melakukan pengecekan jenis soket yang dipakai dengan mengunjungi tautan https://ark.intel.com/id/.

BACA JUGA  Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive bagi Pemula

2. Siapkan Processor Pengganti yang Sesuai dengan Soket Laptop

processor soket laptop

Setelah memeriksa processor laptop yang digunakan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan processor pengganti yang sesuai dengan soket laptop. Untuk mendapatkan processor yang sesuai, kamu bisa membelinya di teknisi komputer yang terpercaya. Namun, sebelum membelinya, pastikan kualitas processor yang akan digunakan dalam keadaan baik.

Tidak kalah pentingnya, kamu juga harus memastikan soket yang didukung sama dengan soket processor pada laptop yang kamu gunakan. Sebab, jika tidak sama tentu saja tidak akan termuat pada soket processor di motherboard laptop yang digunakan.

3. Update Bios Laptop

Cara upgrade processor laptop yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengupdate bios laptop. Meskipun, cara yang satu ini tidak bersifat wajib untuk dilakukan, namun bisa membuat kinerja laptop berjalan optimal. Tentu saja, karena Bios menyimpan informasi tentang perangkat keras yang tersambung pada motherboard.

BACA JUGA  Cara Transfer SMS Banking BNI ke BCA via Aplikasi Terbaru

Oleh karena itu, Bios sebaiknya di update sebelum mengupdate processor laptop. Mengingat, perubahan pada spesifikasi perangkat keras termasuk processor tentu saja akan menyebabkan perangkat baru yang terpasang tidak terdeteksi oleh Bios. Jika perangkat tidak terdeteksi artinya laptop tidak akan bekerja optimal setelah di upgrade.

4. Siapkan Pasta Processor

Jika Bios laptop sudah diupdate, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan pasta processor. Komponen ini berfungsi untuk meratakan proses pendinginan ketika cooling meniupkan angin dingin ke heatsink. Kemudian, heatsink meneruskannya ke processor sehingga permukaannya akan bersentuhan langsung dan menjadi dingin.

BACA JUGA  Manfaat Google Meet, Fitur dan Kelebihannya

5. Masukkan Processor Pengganti ke dalam Processor pada Motherboard

processor pada motherboard

Terakhir, masukkan processor pengganti ke dalam processor pada motherboard. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa processor pengganti mesti sesuai dengan soket yang digunakan. Jika sudah sesuai maka kamu hanya perlu memasangnya dengan benar.

Di mana posisi tanda segitiga pada sudut processor harus searah dengan posisi segitiga pada sudut soket processor. Kemudian, pastikan setiap kaki processor masuk ke masing-masing lubang soket processor.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mengupgrade processor laptop yang bisa kamu lakukan. Meskipun, mengupgrade processor laptop memang dapat meningkatkan kinerja sistem agar beroperasi secara optimal. Akan tetapi, langkah-langkah di atas harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko seperti kerusakan perangkat.