Cara Upgrade VGA Laptop Tanpa Bongkar Motherboard, Apa yang Harus Dilakukan?

VGA atau graphic card merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Seperti namanya, komponen yang satu ini akan mempengaruhi kualitas graphic dari laptop yang kamu gunakan. Semakin besar kapasitas VGA yang dimiliki dan juga semakin bagus jenisnya, maka kualitas graphic laptop tentu akan lebih baik pula.

Tidak hanya itu, VGA pun kerap menjadi salah satu system requirement pada software yang hendak di instal. Umumnya, aplikasi akan menyertakan spesifikasi VGA yang diperlukan. Jika tidak mencukupi, maka software tidak bisa dijalankan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa upgrade VGA terkadang menjadi hal yang diperlukan.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara upgrade VGA laptop untuk meningkatkan performa? Temukan jawabannya disini.

Cek Apakah VGA Laptop Bisa Upgrade

apakah vga laptop bisa upgrade

Sebelum membahas bagaimana cara untuk melakukan upgrade VGA di laptop, kamu harus mencari tahu apakah VGA di laptop yang kamu gunakan bisa ditingkatkan atau tidak. Hal ini sangat penting karena VGA pada laptop sangat berbeda dengan VGA yang ada di PC.

BACA JUGA  8 Pengganti Photoshop yang Bisa Diandalkan

Ya, pada PC atau perangkat desktop lainnya, ada tempat untuk memasang VGA yang disebut slot VGA card. Tentu, untuk melakukan upgrade VGA, kamu hanya perlu memasang VGA tersebut pada slot yang disediakan dengan catatan kompatibel.

Nah, laptop pada umumnya menggunakan VGA yang menempel secara permanen di motherboard atau yang kerap disebut dengan istilah VGA onboard. Oleh karenanya, untuk melepas VGA onboard, diperlukan keahlian yang khusus dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena juga memerlukan alat.

Sebagai informasi, beberapa brand laptop tertentu seperti Clevo atau Sager memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan custom sesuka hati, bahkan untuk VGA onboard yang digunakan. Hanya saja, jika kamu menggunakan laptop selain dua merek di atas, sepertinya kamu harus gigit jari. Ya, pasalnya tidak ada cara upgrade VGA laptop yang bisa dicoba.

Cara Upgrade VGA Laptop Internal

cara upgrade vga laptop internal

Seperti yang disinggung di atas, ada perbedaan yang cukup mendasar antara VGA PC dan VGA pada laptop. Oleh karenanya, perlakukan diantara keduanya pun cenderung berbeda.

BACA JUGA  4 Cara Lihat Pulsa Axis Via SMS, Telepon, Aplikasi & Web

Jika dengan menggunakan PC kamu bisa mudah melakukan penggantian dan upgrade VGA, tidak demikian pada laptop. Banyak laptop yang menggunakan VGA onboard sehingga upgrade VGA tidak bisa dilakukan.

Memang, penggantian VGA onboard pada laptop bisa dilakukan. Hanya saja, penggantian tersebut hanya ketika VGA bawaan sudah rusak. Tidak hanya itu, VGA yang bisa dipasangkan pun merupakan VGA jenis yang sama. Artinya, tidak bisa menggunakan VGA jenis lain dengan performa yang lebih baik dan spesifikasi yang lebih unggul.

Cara Upgrade VGA Laptop Eksternal

cara upgrade vga laptop eksternal

Jika kamu tetap ingin melakukan upgrade VGA laptop, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan VGA eksternal. Ini adalah solusi yang bisa kamu lakukan jika tidak ingin menggunakan unit laptop yang baru.

Nah, saat ini, ada cukup banyak produk VGA eksternal yang tersedia di pasaran. Tentu saja, ragam VGA eksternal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan performa laptop yang lebih baik.

Adapun beberapa rekomendasi VGA eksternal yang bisa kamu gunakan untuk upgrade performa laptop adalah sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Membagi Link IG: Profil, Foto, Story, Reels, IGTV

1. ViDock Nano

Salah satu produk VGA eksternal yang bisa kamu gunakan untuk melakukan upgrade performa laptop adalah ViDock Nano. VGA yang satu ini cukup mengesankan dengan performa yang dihasilkan.

Dengan harga sekitar 8,4 jutaan, VGA ViDock Nano bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Nantinya, kamu akan mendapatkan power supply 200 watt dan VGA eksternal GeForce GTX 660. Hanya saja, untuk menggunakan VGA eksternal ini, spesifikasi laptop minimal yang diperlukan adalah menggunakan processor Intel Core i5 dengan RAM minimal 8 GB.

Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan VGA ViDock Nano ini?

Tentu saja caranya sangat mudah. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menghubungkan VGA eksternal ViDock Nano ke laptop dan layar monitor sebagai unit output dari produk VGA ViDock Nano tersebut.

2. Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box

Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box juga menjadi salah satu produk VGA eksternal yang cukup populer saat ini. VGA eksternal yang satu ini dibekali dengan kartu grafis NVIDIA RTX 20 paling baru yang memberikan dukungan game berbasis VR atau Virtual Reality.

Tidak hanya itu, Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti Gaming Box pun sudah dibekali dengan thunderbolt 3 yang akan memberikan kecepatan transmisi hingga 40Gbps. tentu saja, dengan kecepatan transmisi yang tinggi, VGA ini secara efektif akan meningkatkan performa dengan signifikan.

BACA JUGA  Fungsi Adobe InDesign, Andalannya Para Layouter

Nah, untuk menggunakan VGA eksternal ini, diperlukan laptop yang sudah memiliki port thunderbolt 3. Selain itu, cara untuk menggunakannya pun sama dengan poin sebelumnya.

Tentu, selain beberapa produk di atas, kamu bisa menemukan VGA eksternal lain yang mungkin sesuai dengan keinginan. Hanya saja, perlu diketahui bahwa umumnya, VGA onboard pada laptop tidak bisa ditingkatkan dan hanya bisa diganti dengan VGA sejenis saat rusak. Oleh karenanya, menggunakan VGA eksternal adalah solusi yang tepat.

Apakah upgrade VGA akan berpengaruh pada performa laptop lainnya?

Perlu diketahui bahwa VGA merupakan kartu grafis untuk unit laptop. Oleh karenanya, komponen ini hanya berfokus pada bagaimana menyajikan grafis yang maksimal pada laptop sesuai dengan spesifikasi VGA yang digunakan.

Oleh karenanya, bisa dikatakan jika VGA secara signifikan kurang berpengaruh pada performa laptop secara umum. Misalnya kamu menggunakan laptop dengan VGA bagus tetapi Motherboard kecil, maka tetap saja laptop yang kamu gunakan bisa mengalami masalah performa seperti loading lama, begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA  Cara Mengembalikan Sinyal Telkomsel yang Hilang

Jika melakukan upgrade laptop, apakah komponen lain juga perlu diperbarui?

Seperti yang disinggung di atas, masing-masing VGA sebenarnya memerlukan spesifikasi sistem minimal untuk bisa menjalankannya. Oleh karenanya, perlu dipastikan jika unit VGA yang hendak digunakan mendapatkan dukungan dari spesifikasi laptop. Artinya, upgrade komponen lain sebenarnya bisa saja tidak diperlukan.

Kenapa harga VGA mahal?

Dibandingkan dengan komponen PC atau laptop lainnya, memang harga VGA cenderung lebih mahal. Ada beberapa alasan yang membuat harga VGA menjadi mahal. Permintaan yang lebih tinggi dari supply menjadi salah satu alasan kenapa harga VGA terus naik.

Selain itu, bahan baku yang susah menjadi sebab harga VGA yang tinggi. Juga, adanya penggunaan VGA besar-besaran untuk mereka yang melakukan mining Bitcoin sehingga supply pasar tidak terpenuhi.

Apakah beresiko membeli VGA bekas?

Sebenarnya risiko membeli VGA bekas tetap ada. Hanya saja, jika kamu bisa memilih dengan jeli dan mengecek kondisi VGA bekas tersebut sebelum transaksi, maka tidak masalah. VGA bekas bisa menjadi opsi yang cukup menarik karena kamu bisa mendapatkan unit VGA dengan spesifikasi yang menarik dan harga yang lebih terjangkau.