Cara Memutar YouTube di Latar Belakang iPhone Dengan Mudah

Bisa dikatakan bahwa layanan streaming YouTube saat ini semakin populer. Hal ini dikarenakan YouTube menyediakan banyak sekali video edukasi, musik, hiburan dan hal lainnya yang tentu bisa memenuhi keperluan entertainment kamu. Tidak hanya itu, dengan tampilan yang sederhana, YouTube pun sangat mudah untuk dioperasikan.

Nah, berbincang tentang YouTube, salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah bagaimana cara memutar YouTube di latar belakang iPhone sambil membuka aplikasi lainnya?

Memang, dikarenakan merupakan aplikasi streaming berbasis video -meskipun juga ada audio, melakukan minimize pada aplikasi YouTube tidak bisa dilakukan. Dalam hal ini, ketika kamu sedang mendengarkan musik melalui YouTube misalnya, maka musik akan terhenti ketika kamu beralih ke aplikasi lainnya.

Namun, kamu yang menggunakan device iPhone tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada solusi yang bisa diterapkan untuk memutar YouTube di latar belakang iPhone dengan mudah. Penasaran? Simak ulasannya!

Daftar isi

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang iPhone Menggunakan Akun Premium

cara memutar youtube di latar belakang iphone menggunakan akun premium

Seperti yang disinggung di awal, salah satu pertanyaan yang kerap muncul dari pengguna iPhone terkait penggunaan YouTube adalah cara memutar video atau audio YouTube di latar belakang iPhone. Nah, terkait hal ini, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan akun YouTube premium.

YouTube menyediakan opsi akun premium untuk para pengguna. Tentu, akun premium bisa didapatkan dengan cara membayar biaya berlangganan sesuai opsi langganan yang diinginkan.

YouTube premium memiliki cukup banyak keunggulan, salah satunya adalah memutar YouTube di latar belakang iPhone tanpa jeda.

Cara menggunakan akun YouTube premium adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke laman YouTube premium melalui website atau aplikasi
  2. Jika sudah, lakukan sign in dengan menggunakan akun YouTube yang kamu gunakan
  3. Selanjutnya, klik opsi try it for free atau coba gratis yang ditawarkan
  4. Lalu, pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan nantinya. Pembayaran biaya berlangganan YouTube ini bisa dibayarkan menggunakan GoPay dan juga kartu kredit
  5. Terakhir, klik opsi buy atau beli yang tersedia
BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Kamera Selfie Untuk iPhone Terbaik

Setelah langkah di atas, maka kamu sudah berhasil berlangganan YouTube premium. Setelah itu, kamu bisa memutar lagu atau video kesukaan kamu melalui YouTube. Jika video tersebut mulai diputar, kamu bisa menekan tombol home untuk keluar dari aplikasi YouTube dan membuka aplikasi lain.

Nah, video YouTube yang kamu putar tidak akan terhenti. Bahkan, kamu bisa melakukan kontrol untuk video tersebut dengan melakukan jeda atau penghentian menggunakan pusat kontrol iPhone. Namun, kamu hanya bisa menikmati audio dari video YouTube tersebut.

Perlu diketahui, selain bisa memutar video di layar belakang iPhone tanpa jeda, ada beberapa kelebihan lain dari YouTube premium yang bisa kamu jadikan alasan untuk menggunakannya. Adapun beberapa alasan tersebut diantaranya adalah:

1. Menonton bebas iklan

Dengan menggunakan YouTube premium, kamu bebas menonton berbagai video yang tersedia tanpa adanya iklan. Tentu, hal ini sangat menyenangkan karena kamu tidak perlu repot mematikan iklan yang muncul dan video yang diputar pun tidak terhenti karena iklan yang muncul.

2. Download video untuk ditonton online

Jika kamu menggunakan YouTube premium, maka kamu bisa mengunduh video yang tersedia untuk nantinya ditonton secara offline tanpa menggunakan koneksi internet. Tentu saja, kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk mengunduh video dari YouTube ini. Bahkan, kamu pun bisa menyesuaikan resolusi video untuk mendapatkan video yang berkualitas.

BACA JUGA  6 Merk Powerbank yang Bagus untuk iPhone

3. Akses penuh ke YouTube original

YouTube original adalah beragam konten video yang secara eksklusif dibuat oleh YouTube sendiri. Nah, dengan menggunakan akun YouTube premium, maka kamu akan mendapatkan akses untuk menonton tayangan berkualitas dari YouTube dengan sangat mudah. Fitur ini tentu hanya bisa didapatkan pelanggan YouTube premium.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan YouTube premium. Selain bisa memutar video di layar belakang iPhone, YouTube premium menawarkan layanan yang cukup lengkap dan menyenangkan.

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang iPhone Melalui Browser Safari

cara memutar youtube di latar belakang iphone melalui browser safari

Kembali pada bahasan memutar YouTube di latar belakang iPhone, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan browser Safari. Perlu diketahui bahwa Safari merupakan browser bawaan dari iPhone. Tentu saja, browser ini sama dengan browser lainnya seperti Chrome atau Firefox.

Hanya saja, Safari memiliki keunggulan dibandingkan browser lain tersebut. Salah satunya adalah adanya trik untuk memutar video YouTube tanpa jeda di latar belakang iPhone.

BACA JUGA  Cara Scan Barcode di iPhone dari Galeri atau HP Sendiri Dengan Mudah

Cara untuk menggunakan Safari adalah:

  1. Buka browser Safari dan kunjungi website YouTube.com. Barangkali nantinya kamu akan dialihkan menuju ke aplikasi YouTube. Jika hal ini terjadi, maka tolak arahan tersebut. Mungkin, kamu sebelumnya perlu melakukan uninstall aplikasi YouTube sebelumnya
  2. Jika sudah terhubung dengan website YouTube, maka temukan video yang hendak kamu putar tersebut
  3. Selanjutnya, ketuk ikon “aA” yang berada di sudut kiri atas dari layar kamu dan kemudian pilih opsi minta situs website desktop
  4. Tunggu sebentar dan laman tersebut akan dimuat ulang. Setelah itu, kamu akan melihat pemutar video tersebut memiliki tampilan seperti ketika kamu membuka YouTube melalui website
  5. Ketuk lagi pada video tersebut untuk memulai memutarnya dengan mode layar penuh
  6. Kemudian, tutup aplikasi dan kamu akan melihat bahwa suara di YouTube yang ditutup akan berhenti diputar –dan hal ini adalah normal
  7. Nah, buka pusat kontrol iPhone
  8. Di kotak yang sedang menunjukkan video YouTube apa yang sedang diputar, maka tekan tombol putar
  9. Selesai

Nah, dengan beberapa langkah di atas, kamu bisa mengunci iPhone yang kamu gunakan atau menggunakan aplikasi lain dan bahkan menjelajahi dunia maya melalui Safari dengan tetap memutar YouTube di latar belakang. Tentu saja, video YouTube yang diputar hanya akan terdengar suara saja. Selain itu, kamu perlu menerapkannya pada masing-masing video.

BACA JUGA  5 Cara Membersihkan Sampah di iPhone agar Ponsel Kembali Kencang

Apakah menggunakan Safari untuk memutar video YouTube di latar belakang aman digunakan?

Tentu saja aman. Safari adalah browser bawaan dari perangkat iPhone. Dengan demikian, keamanan browser yang satu ini sudah sangat terjaga. Selain itu, pengguna iPhone juga tidak perlu download browser secara manual, karena Safari sudah tersedia secara default. Namun, pastikan jika kamu menggunakan Safari versi terbaru untuk memudahkan penggunaan.

Bagaimana jika menggunakan aplikasi YouTube versi mod?

Memang, ada beberapa aplikasi YouTube versi mod yang tersedia dan bisa digunakan untuk memutar video YouTube di latar belakang dengan mudah. Namun, penggunaan aplikasi ini tidak disarankan karena bisa saja aplikasi modifikasi tersebut terkontaminasi malware yang akan membahayakan bagi perangkat iPhone yang kamu gunakan.

Bisakah menonaktifkan langganan YouTube premium?

Bisa. Sebelum tanggal pembayaran tiba, kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari sistem YouTube. Jika kamu tidak ingin memperpanjang berlangganan, maka kamu bisa menghentikannya dengan memilih opsi hentikan langganan. Maka selanjutnya kamu sudah berhasil berhenti berlangganan dan tidak akan mendapatkan tagihan YouTube premium lagi.