Cara Melacak iPhone yang Mati dan Offline, Apa yang Perlu Dilakukan?

Ketika menyadari bahwa iPhone yang dimiliki hilang atau jatuh entah di mana, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah berusaha melakukan pelacakan dengan menggunakan iCloud. Seperti yang diketahui, ketika iPhone masih dalam keadaan online dan menyala, kamu bisa menemukan lokasi device tersebut secara real time.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana jika iPhone tersebut dalam keadaan mati atau offline? Apakah perangkat tersebut masih bisa dilacak dan peluang untuk menemukannya juga masih cukup besar?

Jawaban singkatnya adalah masih bisa. Hanya saja, perlu diketahui bahwa cara melacak iPhone yang mati tidak akan mendapatkan hasil detail lokasi secara real time. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan riwayat lokasi yang tersimpan atau lokasi terakhir yang terlacak untuk dijadikan petunjuk guna mencari keberadaan device tersebut.

Apa yang Menyebabkan iPhone Offline atau Mati Tidak Bisa Dilacak Secara Real Time

Ketika perangkat iPhone yang hilang dalam keadaan mati, maka perangkat tersebut tidak bisa mentransmisikan sinyal. Nah, dalam keadaan tersebut, bisa dikatakan bahwa status iPhone sama seperti batang kayu atau pun batu. Hal inilah yang membuat pelacakan iPhone yang offline tidak bisa dilakukan secara real time.

Tentu, hal berbeda akan kamu temukan ketika iPhone yang hilang masih dalam keadaan menyala dan terhubung dengan internet. Dalam keadaan seperti ini, kamu bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan akun Google atau akun Cloud bawaan seperti iCloud yang digunakan di dalamnya.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto iPhone Ala Selebgram Aesthetic Dan Unik

Cara Melacak iPhone yang Hilang

cara melacak iphone yang mati dan offline

Berbincang tentang cara melacak iPhone yang hilang atau jatuh di suatu tempat, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Dengan menggunakan pelacakan tersebut peluang untuk mendapatkan device yang kamu gunakan pun akan terbuka lebih besar.

Adapun beberapa cara yang bisa diandalkan untuk melakukan pelacakan pada iPhone yang hilang adalah sebagai berikut:

1. Melacak menggunakan akun Gmail

cara melacak iphone menggunakan gmail

Salah satu pelacakan iPhone yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan akun Gmail yang tersambung di dalam device tersebut. Bisa dikatakan bahwa cara ini cenderung paling mudah dilakukan dan bisa segera dilakukan ketika kamu menyadari bahwa iPhone yang kamu gunakan hilang.

Ada beberapa hal yang menjadi syarat untuk melakukan pelacakan dengan menggunakan akun Gmail ini. Beberapa syarat yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Ada akun Gmail yang digunakan dalam unit iPhone yang hilang tersebut
  • kamu masih mengingat alamat email dan password yang digunakan
  • Fitur location tracking sudah dihidupkan
  • HP yang hilang tidak dalam keadaan mati dan masih terhubung dengan internet
  • GPS device yang hilang dalam keadaan on
BACA JUGA  Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper Di iPhone

Beberapa hal di atas adalah syarat yang harus terpenuhi. Apabila ada satu syarat yang tidak terpenuhi, maka pelacakan akan cenderung lebih susah untuk dilakukan.

Selain beberapa persyaratan di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu sediakan untuk melakukan pelacakan. Adapun hal yang dibutuhkan tersebut adalah:

  • Laptop, tablet atau smartphone
  • Koneksi internet yang stabil

Nah, apabila beberapa hal di atas sudah disiapkan, maka kamu bisa mulai melakukan pelacakan pada iPhone yang hilang tersebut. Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan fitur Find My iPhone yang tersedia di dalam device tersebut.

Untuk melakukan pelacakan iPhone yang hilang menggunakan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Buka halaman https://www.icloud.com/#find atau menggunakan aplikasi Find My iPhone yang tersedia di App Store dengan perangkat lainnya
  • Lakukan login dengan menggunakan Apple ID atau iCloud yang terhubung dengan device iPhone yang hilang
  • Setelah masuk dalam akun tersebut, kamu bisa menemukan lokasi di mana perangkat iPhone tersebut berada secara real time

Apabila titik lokasi sudah ditemukan, tentu kamu bisa langsung mengambil tindakan. Selain langsung melakukan pencarian, kamu pun bisa menggunakan fitur lost mode untuk menampilkan pesan di layar yang menyatakan iPhone tersebut hilang. Juga, kamu bisa mengamankan akun Apple Pay agar tidak terjad masalah yang merugikan.

BACA JUGA  8 Rekomendasi Aplikasi Scanner iPhone Terbaik dan Mudah Digunakan

2. Cara melacak iPhone yang mati

cara melacak iphone yang dalam keadaan mati

Bisa dikatakan bahwa melacak iPhone dalam keadaan yang mati menjadi salah satu topik menarik guna dibahas. Lantas, apakah kita bisa melacak iPhone yang hilang sedangkan perangkat tersebut dalam keadaan offline atau mati?

Seperti yang dibahas di awal, jika yang dimaksud melacak adalah sama seperti poin pertama, yaitu menampilkan detail lokasi iPhone yang hilang secara real time, maka jawabannya adalah tidak bisa. Namun, jika kamu ingin melacak riwayat pergerakan atau lokasi iPhone terakhir sebelum offline, maka jawabannya adalah bisa.

Pasalnya, iPhone yang mati tidak bisa mentransmisikan sinyal untuk pelacakan menggunakan cara pertama. Tentu, berbeda cerita jika kamu sudah memasang alat GPS tracker dengan sumber energi sendiri pada perangkat tersebut. Namun, sepertinya, cukup jarang pengguna iPhone yang memasang GPS tracker.

Lantas, bagaimana cara untuk melacak iPhone yang sudah mati tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pelacakan iPhone yang sudah mati dengan hasil mendapatkan lokasi iPhone terakhir kali menyala. Adapun cara yang dimaksud adalah:

  • Menggunakan Google Maps location history

Untuk melakukan pelacakan pada iPhone yang mati, kamu bisa menggunakan Google Maps location history. Untuk menggunakan cara ini, apa yang diperlukan adalah akun Gmail pada iPhone yang ulang dan fitur location history yang sebelumnya sudah diaktifkan. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengaktifkan fitur ini.

BACA JUGA  Turun Harga! Yuk, Kenali 9 Kelebihan iPhone 11 Pro Max

Cara mengaktifkannya cukup mudah, yaitu masuk ke menu setting dan pilih account. Selanjutnya, masuk ke Google account dan pilih opsi data and personalization. Di dalam opsi tersebut, pilih location history dan aktifkan.

Sedangkan untuk melakukan pelacakan, buka aplikasi Google Maps dengan device yang berbeda dan login menggunakan akun Gmail yang terhubung dengan iPhone yang hilang. Kemudian, klik menu dan klik opsi your timeline.

Dari opsi your timeline inilah kamu bisa melihat pergerakan iPhone dan melihat lokasi iPhone terakhir kali aktif. Nah, kamu bisa menggunakannya untuk memulai pelacakan.

  • Menggunakan fitur send last location

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan pelacakan pada iPhone yang mati adalah dengan menggunakan fitur send last location. Hanya saja, syarat yang harus dipenuhi adalah fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum iPhone tersebut hilang. Nantinya, melalui fitur ini, kamu akan mendapatkan informasi lokasi terakhir iPhone sebelum mati.

Untuk mengaktifkan fitur send last location, kamu bisa membuka aplikasi Find My iPhone dan kemudian aktifkan opsi send last location.

Sedangkan untuk melakukan pelacakan, kamu bisa membuka aplikasi Find My iPhone lalu lakukan login dengan menggunakan akun yang digunakan pada perangkat iPhone yang hilang. Nah, nantinya, dari menu tersebut kamu akan mendapatkan informasi tentang di mana lokasi terakhir iPhone tersebut sebelum mati.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Kamera Selfie Untuk iPhone Terbaik

Setidaknya, kedua cara di atas adalah ragam cara yang bisa dilakukan sebagai cara melacak iphone yang mati. Memang, selain dua cara di atas ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan IMEI. Hanya saja, cara ini sangat susah dilakukan oleh awam karena memerlukan beberapa perangkat pendukung yang lengkap.

Dari beberapa poin di atas, bisa disimpulkan bahwa pelacakan pada iPhone yang hilang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya saja, kamu perlu memastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan beberapa aplikasi penunjang sebelumnya.

Apakah iPhone yang hilang bisa dikunci agar tidak bisa dibuka oleh mereka yang menemukan atau mencuri?

Bisa. iPhone memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengunci device yang hilang dan juga mengunci iCloud. Hanya saja, hal ini bisa dilakukan jika iPhone yang hilang masih dalam keadaan menyala saja.

Adakah perbedaan cara pencarian iPhone pada seri device yang berbeda?

Secara umum tidak ada perbedaan. Pasalnya, masing-masing device iPhone sudah dibekali dengan fitur Find My iPhone yang bisa digunakan dengan sangat mudah.

Konon, pelacakan iPhone bisa dilakukan dengan nomor HP. Apakah benar?

Sebenarnya bisa. Hanya saja, caranya sangat rumit dan juga sulit bagi awam. Oleh karenanya, pelacakan ini hanya bisa dilakukan oleh operator penyedia dengan dukungan perangkat yang lengkap.