6 Cara Menambah Storage iPhone, Untuk Memori yang Lebih Lega!

Apakah kamu sedang mencari tahu tentang cara menambah storage iPhone untuk space penyimpanan yang lebih lega? Memang, beberapa pengguna iPhone mengeluhkan storage yang terbatas sehingga kesulitan untuk menyimpan beragam file atau menginstal aplikasi.

Contoh kasus, untuk kamu yang suka berfoto, mungkin kamu akan menyukai hasil jepretan dengan menggunakan iPhone di mana kualitas gambar cenderung maksimal dan berkelas. Hanya saja, di balik kualitas foto yang berkelas, ukuran file foto tersebut cukup besar dan terkadang menjadi masalah karena akan membuat storage menjadi penuh.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah storage iPhone dan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega. Penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak ulasannya!

Cara Menambah Storage iPhone Dengan Mudah

cara menambah storage iphone dengan mudah

Ketika berbincang tentang cara menambah storage iPhone, kamu perlu menyadari fakta bahwa iPhone tidak memiliki slot SD card. Desain ini bagi sebagian orang mungkin cukup merugikan, namun dengan tidak adanya SC card, performa iPhone cenderung meningkat.

BACA JUGA  Cara mengaktifkan VPN di iPhone

Selain itu, terkait menambah storage iPhone, maka bisa dikatakan bahwa kamu tidak bisa menambah memori eksternal. Oleh karenanya, pengaturan atau manajemen storage menjadi kunci untuk mendapatkan tambahan storage iPhone.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tambahan storage iPhone sesuai yang diinginkan. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah:

1. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan storage iPhone dengan mudah adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Terkait hal ini, kamu bisa melakukan pengecekan di menu pengaturan pada opsi iPhone storage.

Nah, pada opsi tersebut, kamu akan mengetahui sisa memori yang kamu miliki berikut daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan storage iPhone. Tentu, tidak hanya melakukan pengecekan, kamu juga bisa melakukan penghapusan pada data aplikasi yang memakan storage.

Dalam hal ini, ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yaitu offload app dan juga delete app. Offload app artinya menghapus aplikasi namun masih menyimpan data pribadi. Jika nanti hendak menggunakan aplikasi yang sama, maka data pribadi masih tersimpan rapi.

Sedangkan opsi delete app adalah menghilangkan aplikasi secara total termasuk data pribadi. Tentu, jika kamu memilih opsi ini, maka data pribadi akan terhapus secara permanen.

BACA JUGA  5 Cara Mempercepat Video di iPhone

2. Menghapus file foto dan video

Foto dan video menjadi jenis file yang biasanya paling sering menyebabkan storage iPhone menjadi penuh. Selain jumlahnya yang banyak, ukuran file ini cukup besar. Nah, untuk mendapatkan tambahan storage, maka kamu bisa memilih file foto dan video yang tidak penting guna dihapus.

Namun, jika kamu masih merasa sayang untuk menghapusnya, maka kamu bisa memindahkan file tersebut. Di sini kamu bisa mengaktifkan iCloud photos untuk menyimpan atau memindahkan file tersebut secara manual ke perangkat desktop.

3. Hanya mengambil foto HDR

Cara lain yang bisa diterapkan untuk mendapatkan tambahan storage pada iPhone yang kamu gunakan adalah hanya mengambil foto HDR saja. Perlu diketahui bahwa iPhone memiliki mode foto HDR untuk meningkatkan kualitas foto tersebut.

Nah, secara default, iPhone akan menyimpan foto HDR dan foto normal tanpa HDR. Oleh karenanya, kamu sebaiknya menghapus foto tanpa HDR dan menyimpan foto dengan mode HDR saja.

Untuk mendapatkan hasil foto HDR saja, kamu bisa menonaktifkan pengaturan HDR iPhone agar tidak menyimpan foto sekaligus. Caranya sangat mudah yaitu buka setting dan pilih opsi kamera. Di bagian bawah, matikan toggle keep normal photo sehingga kamu hanya akan menyimpan foto versi HDR saja.

BACA JUGA  Cara Merekam Telepon WA di iPhone

Hanya saja, perlu diingat bahwa foto HDR memiliki ukuran lebih besar karena kualitasnya. Jika kamu tidak peduli dengan kualitas, maka kamu bisa saja memilih foto versi normal dan menghapus foto HDR.

4. Menghapus file cache pada browser

Sebenarnya, file cache yang tersimpan dalam browser merupakan speed booster yang akan mempercepat browser dalam membuka data yang diinginkan. Hanya saja, meskipun merupakan file yang bersifat temporary, file cache ini tidak akan hilang jika tidak dihapus secara manual. Selain itu, file cache juga akan memenuhi ruang penyimpanan.

Oleh karenanya, untuk mendapatkan tambahan storage, maka ada baiknya jika kamu menghapus file cache tersebut. Caranya sangat mudah.

Masuk ke setting dan pilih aplikasi Safari sebagai browser bawaan iPhone. Setelah itu, pilih menu clear history dan website data. Nah, nanti akan muncul pop up dan pilih clear history dan data.

Untuk kamu yang menggunakan browser lain seperti Chrome, maka kamu juga bisa melakukan upaya ini dengan cara yang relatif sama.

5. Mengelola aplikasi chatting

Mengelola aplikasi chatting juga bisa menjadi cara yang dilakukan terkait manajemen storage iPhone untuk mendapatkan tambahan ruang penyimpanan. Perlu diketahui bahwa pesan chatting yang masuk dan bertumpuk jika terlalu lama tidak dihapus maka akan memakan memori yang cukup besar.

BACA JUGA  Cara Backup WhatsApp iPhone Tanpa iCloud

Bukan hanya karena pesan masuk saja, melainkan juga media yang turut di dalamnya seperti foto dan juga video.

Nah, untuk mengatasi masalah storage iPhone yang habis, kamu bisa menghapus pesan masuk tersebut apabila tidak diperlukan. Lakukan cara ini secara teratur dan berkala hingga nantinya kamu bisa menerapkan manajemen storage iPhone yang lebih baik.

6. Menggunakan memori eksternal

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan storage iPhone adalah dengan menggunakan memori eksternal. Bukankah iPhone tidak memiliki slot micro SD untuk digunakan? Lalu, bagaimana dengan cara ini?

Nah, untuk cara satu ini, kamu bisa menggunakan flashdisk sebagai tambahan storage iPhone Saat ini, ada cukup banyak produk flashdisk yang bisa dihubungkan secara langsung pada perangkat iPhone. Jika tidak bisa pun, kamu bisa menggunakan tambahan kabel untuk menghubungkannya.

Hanya saja, cara ini khusus untuk pengguna iPhone yang sudah upgrade OS minimal versi 13, mengingat adanya aplikasi file yang harus ditambahkan di dalamnya.

Beberapa hal di atas adalah pilihan cara menambah storage iphone yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tambahan storage di smartphone anda. Meskipun tidak memiliki slot memori eksternal, dengan manajemen storage yang tepat, tentu kamu bisa mendapatkan tambahan storage dalam jumlah tertentu. Terlebih, produk iPhone terbaru saat ini sudah memiliki kapasitas storage yang besar.

BACA JUGA  Cara Scan Barcode di iPhone dari Galeri atau HP Sendiri Dengan Mudah

Selain beberapa cara di atas, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan storage, seperti melakukan reset all setting. Namun, opsi ini kurang disarankan karena risikonya cukup besar. Bahkan dapat menyebabkan iPhone mati jika proses reset tidak dilakukan dengan benar..

Apakah layanan iCloud gratis?

Saat mendaftar dan menggunakan layanan iCloud, maka kamu akan mendapatkan penyimpanan gratis dengan kapasitas 5 GB. Namun, jika kamu ingin mendapatkan tambahan storage, maka kamu perlu melakukan pembayaran untuk mendapatkan akses premium.

Apakah reset akan menghapus seluruh data yang tersimpan di iPhone?

Ya, jika kamu melakukan factory reset, maka seluruh data yang tersimpan di dalam perangkat iPhone tersebut akan dihapus secara permanen. Bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan cara ini, kamu akan mengembalikan perangkat iPhone dalam kondisi seperti pertama kali dibeli.

Apakah iPhone 64 GB sudah cukup?

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan ini relatif. Jika kamu tidak perlu menginstal beragam aplikasi, mungkin opsi ini cukup. Namun, seiring dengan tidak adanya memori eksternal pada iPhone, maka bisa jadi kamu memerlukan perangkat dengan kapasitas memori penyimpanan yang lebih besar.